Tenda jamaah Asia Tengah-Selatan di Mina terbakar

id Haji 2019,mch 2019,amirul hajj,kebakaran,tenda mina

Tenda jamaah Asia Tengah-Selatan di Mina terbakar

Informasi kebakaran di Mina beredar melalui media sosial di kalangan jamaah dan membuat mereka resah (Istimewa)

Mekkah (ANTARA) - Menteri Agama yang juga Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin menyebut kebakaran yang terjadi di Mina menimpa sejumlah tenda yang akan ditempati oleh jamaah dari Asia Tengah dan Asia Selatan.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat meninjau kesiapan tenda-tenda untuk jamaah Indonesia di Mina, Senin sore waktu setempat mengaku mendapatkan informasi dan laporan terkait terjadinya kebakaran di Mina.

“Betul kemarin ada sedikit insiden kebakaran tenda di Mina tapi skupnya kecil saja, terjadi pada siang hari dan itu terjadi di tenda-tenda yang akan didiami oleh jamaah haji Asia Tengah, Asia Selatan dari India, Pakistan, Myanmar, Burma,” katanya.

Ia juga meminta agar jamaah dari Indonesia tetap tenang dan tidak panik mendengar kabar tersebut.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, tidak ada korban luka, itu hanya peristiwa kecil dan mudah-mudahan tidak akan terjadi di masa-masa yang akan datang,” katanya.

Pada Minggu (4/8) video kebakaran di sejumlah tenda di Mina sempat viral dan beredar luas di kalangan jamaah dari Indonesia.

Banyak dari mereka yang kemudian bertanya-tanya dan ingin mendapatkan kepastian perihal tenda yang terbakar tersebut.

Video itu direkam secara amatir oleh orang yang menggunakan bahasa Arab dan terdengar beberapa kali percakapan dalam bahasa Arab dengan latar gambar asap hitam yang mengepul di atas tenda-tenda Mina yang bercungkup khas dan berwarna putih sehingga amat mudah dikenali.