PLN Riau Sewa Generator Antisipasi Pemadaman Listrik

id pln riau, sewa generator, antisipasi pemadaman listrik

Pekanbaru, 30/10 (ANTARA) - PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) mengantisipasi pemadaman listrik akibat adanya pemeliharaan gardu induk di Teluk Lembu, Pekanbaru, dengan menyewa mesin generator.

"Kami menyewa mesin generator yang khusus untuk daerah terpencil yang sangat menbutuhkan," kata Manajer SDM, Hukum dan Administrasi PLN Riau-Kepri Suwandi Siregar, di Pekanbaru, Sabtu.

Pemeliharaan gardu induk Teluk Lembu mengakibatkan PLN sempat melakukan pemadaman listrik sejak Kamis (28/10) di sejumlah daerah. Lama durasi pemadaman berkisar tiga jam.

Suwandi Siregar mengatakan pemadaman terpaksa dilakukan di daerah pemerintahan atau ring I pada Jumat siang (29/1)) dan daerah Kuala Kampar yang merupakan daerah terpencil di Kabupaten Pemadaman. Menurut dia, pemadaman listrik tak bisa dihindari meski begitu kondisinya sudah terjadwal.

"Biar listrik byar-pet atau padam, yang penting cepat dan tak berlarut-larut," ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik di Pekanbaru, lanjutnya, PLN telah memasang mesin pembangkit sewaan berkapasitas 40 megawatt di PLTD Teluk Lembu.

Sedangkan, untuk mengantisipasi pemadaman di Kuala Kampar telah didatangkan mesin generator berdaya 400 kilowatt (Kw). Daya mesin tersebut cukup untuk mengakomodasi atau memenuhi kebutuhan listrik pada beban puncak di daerah terpencil itu yang mencapai sekitar 300 Kw.

"Daya mesin yang ada sangat berlebih untuk memenuhi kebutuhan di Kuala Kampar," ujar Suwandi.