Lima korban tenggelam KM Nusa Kenari ditemukan sudah meninggal

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Lima korban tenggelam KM Nusa Kenari

Lima korban tenggelam KM Nusa Kenari ditemukan sudah meninggal

Tim SAR dari KN Antareja 233 Kupang , Nusa Tenggara Timur melakukan evakuasi terhadap korban KM Nusa Kenari 02 yang ditemukan di perairan Tanjung Margeta, Selasa (18/6). (ANTARA/Basarnas Kupang)

Kupang (ANTARA) - Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) menemukan lima korban hilang akibat tenggelam KM Nusa Kenari 02 di Tanung Margeta, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam keadaan sudah meninggal dunia.

"Semua korban telah ditemukan dalam operasi pencarian dilakukan secara bersama Tim Basarnas Maumere dan Basarnas Kupang serta potensi SAR di Alor," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A Kupang Emi Friezer ketika dihubungi di Kupang, Selasa.

Baca juga: Empat penumpang korban tenggelamnya KM Nusa Kenari belum ditemukan

Ia mengatakan kelima korban yang juga penumpang kapal itu hilang akibat musibah laut di Tanjung Margeta, Sabtu (15/6), pukul 03.30 Wita.

"Semuanya ditemukan di perairan Margeta dalam kondisi meninggal," kata dia.

Korban terakhir ditemukan Basarnas dalam lanjutan operasi pencarian pada Selasa, bernama Maria Malaikosa (70). Jenazahnya telah dievakuasi petugas ke Kota Kalabahi. Maria Malaikosa korban terakhir yang dicari tim SAR gabungan terkait dengan tenggelam KM Nusa Kanari 02 milik Pemerintah Kabupaten Alor.

Korban ditemukan setelah tim SAR yang menggunakan Kapal Negara (KN) Antareja 233 melakukan penyisiran wilayah selatan perairan Tanjung Margeta. Penceraian berlangsung empat hari, setelah sebelumnya berhasil menemukan empat korban terdiri atas dua anak-anak serta dua orang dewasa.

"Korban yang ditemukan hari ini merupakan korban terakhir yang dicari. Dengan demikian lima korban yang hilang semuanya ditemukan dalam operasi SAR dilakukan Basarnas Maumere dan Basarnas Kupang serta tim SAR gabungan di daerah itu," kata Emi Friezer.

Tenggelamnya KM Nusa Kenari 02 di Tanjung Margeta itu mengakibatkan tujuh penumpang meninggal, 41 penumpang lainnya dan empat anak buah kapal selamat.

Kapal berbobot 23 GT itu bertolak dari Pelabuhan Kalabahi, Ibu Kota Kabupaten Alor, Sabtu (15/6), pukul 01.30 Wita, dengan tujuan Desa Mademang, Kecamatan Purnamam, Kabupaten Alor.

Kapal Nusa Kenari 02 dengan empat anak buah kapal, mengangkut 48 penumpang, semen, beras, serta bahan bakar minyak. Dalam pelayaran, kapal itu dihantam gelombang sehingga tenggelam di perairan Tanjung Margeta pada Sabtu, (15/6), sekitar pukul 05.00 Wita.

Baca juga: Dua orang meninggal dalam musibah KM Nusa Kenari di Alor

Baca juga: Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Bengkalis Masuki Hari Ketiga


Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang