Disparpora Rohil dorong Festival Atib Koambai jadi iven wisata nasional

id iven wisata rohil, berita rohil

Disparpora Rohil dorong Festival Atib Koambai jadi iven wisata nasional

Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau tahun 2018. (ANTARA News/Dedi Dahmudi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau terus berupaya mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah itu untuk dijadikan sebagai ivent wisata nasional.

Kepala Disparpora Rohil, Ali Asfar di BagansiapiapiRabu (5/6) mengatakan, selain Festival Bakar Tongkang ada lagi event wisata Rohil yang rutin setiap tahun, yaitu Festival Atib Koambai di Kecamatan Kubu.

"Dan itu nanti atas izin Pak Bupati kita juga akan mengangkat terus, tahun ini kita coba masuk event wisata. Kita poles sedemikian rupa dengan harapan nanti atas izin Pak Bupati bisa menjadi event wisata Nasional, mengimbangi event wisata Nasional Ritual Bakar Tongkang," kata Ali Asfar.

Disparpora Rohil telah menyiapkan jadwal 'Calender of Event 2019' di daerah itu yang dimulai sejak Maret hingga Oktober mendatang.

Festival Cheng Beng telah dimulai 26 Maret sampai dengan 5 April 2019 di Bagansiapiapi, kemudian Festival Atib Koambai yang akan dilaksanakan pada 8 Juni 2019 di Kecamatan Kubu.

Selanjutnya Festival Bakar Tongkang pada 17 sampai dengan puncaknya 19 Juni 2019 sekaligus Sepekan Pentas Seni di Bagansiapiapi. Kemudian Bagan Heritage dilaksanakan pada 18 Juni 2019 di Bagansiapiapi.

Pada 21 hingga 25 Juni 2019 juga digelar Bujang dan Dara di Bagansiapiapi, Festival Pulau Tilan dilaksanakan pada 5-7 Juli 2019 di Kecamatan Tanah Putih, sedangkan Festival Danau Napangga 19-20 Agustus 2019 di Kecamatan Tanjung Medan, dan Festival Rohil Bersenandung dilaksanakan pada 1-5 Oktober 2019 di Bagansiapiapi.

Untuk mengenal event pariwisata Rohil ke daerah lain, Ali Asfar mengatakan bahwa pemerintah daerah setempat sudah melakukan kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Siak.

"Nah, Siak nanti akan mempromosikan event-event wisata dan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Rohil. Kita juga mempromosikan event wisata yang ada di Siak," katanya.