KPUD Rohul Anggarkan Rp 15 Miliar Untuk Pilkada

id kpud rohul, anggarkan rp, 15 miliar, untuk pilkada

Pasir Pengaraian, Riau 12/10 (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Rokan Hulu atau Rohul, Provinsi Riau, telah mengajukan anggaran Rp15 miliar untuk menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah Rohul 16 Februari 2011 mendatang.

"Dana yang diajukan terhadap anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) murni 2010 itu akan digunakan untuk proses pilkada termasuk juga untuk pemutakhiran data pemilih yang bertujuan meminimalkan konflik di kemudian hari", kata Ketua KPUD Rohul, Jonaidi Dasa kepada ANTARA di Pasir Pangairan, Selasa.

Ia mengatakan, dari dana yang telah diajukan itu sudah diterima sebanyak Rp4 miliar, sementara sisanya belum bisa dipastikan kapan akan cair.

Dikatakan, dana yang telah diterima oleh KPUD Rohul itu telah digunakan untuk berbagai kebutuhan beberapa tahapan pilkada yang telah dilakukan beberapa bulan lalu, seperti tahapan sosialisasi kepada seluruh tokoh masyarakat mengenai prosedur pilkada.

Dana itu juga telah digunakan untuk pelaksanaan pemilihan dan pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang berada diseluruh kecamatan dan desa di Rohul.

"Kita mengharapkan dana selanjutnya tersebut segera dicairkan, tahapan selanjutnya segera dilakasanakan, sebab pelaksanaan pilkada tidak lama lagi", ujarnya.

Dia memprediksikan, sisa dana yang belum cair itu akan dicairkan kembali dari APBD murni sebesar Rp7 miliar dan Rp3 miliar lagi dari APBD perubahan 2010 Pemkab Rohul.

Disinggung mengenai jumlah data penduduk potensial potensial pemilih (DP4) dan daftar pemilih tetap (DPT), pihaknya belum bisa memastikan sebab masih dalam proses selanjutnya.

"Namun jika DPT Pilpres 2009 lalu mencapai 300.3004 orang, jadi saya kira kurang lebih akan segitu juga", kata Jonaidi.