Protes akibat tak bisa ikut Pemilu, ratusan warga Pekanbaru datangi kantor KPU

id Kpu,pemilu 2019,pilpres 2019,berita riau terbaru,berita riau antara,surat suara pemilu 2019,surat suara pemilu habis

Protes akibat tak bisa ikut Pemilu, ratusan warga Pekanbaru datangi kantor KPU

Ratusan warga Pekanbaru serbu kantor KPU Pekanbaru (Antaranews/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Ratusan warga mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru, Riau, karena tidak bisa memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) mereka masing-masing, Rabu.

Berdasarkan pantuan ANTARA, kedatangan warga berbondong-bondong ini setelah mendapatkan kabar dan pesan berantai dari telepon seluler yang menyebar di media sosial.

"Kami datang karena mendapat kiriman pesan singkat dari telepon seluler yang isinya, 'bagi yang tidak bisa memilih, karena habis kertas suara bisa datang ke KPU Pekanbaru'," kata Mastina Simbolon, warga Sidomulyo Timur, Marpoyan Damai, kepada ANTARA di kantor KPUPekanbaru.

Bestina mengakui ia mendapatkan kiriman pesan itu dari suami, yang konon katanya merupakan pesan berantai info dari temannya.

"Kawan saya juga mengaku mereka dapat info dari pesan di telepon seluler. Tetapi kita tidak penting sumbernya, karena ingin memilih," tegasnya.

Baca juga: Ketua KPU Provinsi Riau klaim Tidak ada kekurangan surat suara Pemilu

Ia mengakui memang tidakdapat undangan memilih, namun karena ada informasi yang punya KTP elektronik bisa memilih, maka ia ingin menyalurkan hak pilihnya.

"Harapannya kami biasa nyoblos, minimal presiden lah," tambahnya.

Hal yang sama diakui Dita, yang mengaku mahasiswa Universitas Riau. Ia datang ke kantor KPU karena dapat kabar dari panitia TPStempat ia mengurus pindah memilih.

"Sekarang saya lagi nunggu, kalau gak bisa kecewa, padahal sudah mengurus pindah memilih, tetapi gagal katanya kalau gak ada surat pindah dari kampung gak bisa memilih," kata Dita.

Baca juga: Banyak warga Pekanbaru terancam kehilangan hak pilih, ini tanggapan BPN

Sementara itu Ketua KPU Pekanbaru Anton Mercyanto, saat dikonfirmasi lewat telepon menyayangkan adanya isu hoaks berbunyi "warga yang tak kebagian surat suara di TPS bisa mencoblos di KPU Kota Pekanbaru".

Akibat isu hoaks tersebut, ratusan warga dari berbagai kecamatan mendatangi kantor KPU Kota Pekanbaru.

"Ada info hoaks yang mengatakan warga yang tak kebagian surat suara, bisa mencoblos di KPU Kota Pekanbaru. Saya luruskan, isu tersebut hoaks alias tidak benar. Pencoblosan hanya dilakukan di TPS masing-masing," pungkas Anton.

Baca juga: Bawaslu tegaskan KPU cari solusi kekurangan surat suara di Dumai