Bawaslu Dumai Pastikan Logistik Pemilu Utuh Dan Diawasi

id pemilu dumai,bawaslu dumai,pemilu 2019,distribusi logistik pemilu 2019,berita riau terbaru,berita riau antara,berita riau terkini

Bawaslu Dumai Pastikan Logistik Pemilu Utuh Dan Diawasi

Bawaslu (istimewa)

Dumai, Riau (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Dumaimemastikan kondisi logistik Pemilu 2019 dalam keadaan utuh dan terjaga baik, atau tidak dirusak oleh tangan pihak tak bertanggung jawab, karena sejak awal diawasi petugas.

Komisioner Bawaslu Dumai Agustri menyebutkan, sejak awal penerimaan logistik pemilu dari KPU RI ke Dumai, terdiri kotak suara berbahan kardus, kertas suara dan lain nya tidak ada kendala, hingga pada proses pelipatan mendapat pengawasan.

"Logistik sejak awal sudah diawasi melekat petugas bawaslu setiap proses berjalan, dan bisa dipastikan kondisi logistik utuh, tidak ada yang dirusak atau tercoblos," kata Agustri, Selasa.

Baca juga: Caleg Gerindra Riau diduga politik uang tertangkap dengan uang Rp506 juta

Dijelaskan, hari tenang sejak 14-16 April jelang Pemilu Rabu 17 April 2019, penyaluran logistik ke tujuh kecamatan di Dumai sudah berjalan, dan sejauh ini tidak ada kendala berarti karena ditempatkan petugas pengawas.

Pada masa tenang ini, Bawaslu Dumai intensifkan pencabutan alat peraga kampanye yang masih terpasang dan belum dicabut peserta Pemilu, padahal sudah disurati sebelumnya.

"Kita bersama tim gabungan TNI Polri dan Satpol PP dalam masa tenang ini mencabuti alat kampanye yang masih terpasang," sebutnya.

Baca juga: Bawaslu Riau pergoki Caleg diduga kampanye di masa tenang Pemilu

Ditegaskan, tidak ada larangan bagi masyarakat untuk merekam situasi di lokasi tempat pemungutan suara pada saat hari pemilu, cuma tidak boleh merekam atau mengambil foto di bilik suara atau kertas suara.

Disamping itu, dalam masa tenang ini, BawasaluDumai nihil melakukan proses penindakan dugaan politik uang, meski ada menerima laporan masyarakat, namun tidak disertai bukti.

"Laporan dugaan politik uang ada masuk, dan kita tindaklanjuti dengan menurunkan petugas, tapi sayang nya tidak ada bukti sehingga tidak bisa diproses," ujarnya.

KPU Dumai telah memulai pendistribusian logistik kebutuhan pelaksanaan Pemilu 2019 ke tujuh kecamatan pada Senin (15/4) dengan menggunakan 14 unit truk, dan lokasi terjauh berada di Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilan melalui jalur perairan.

Pemilu 2019 di Kota Dumai digelar KPU di 841 TPS tersebar di 33 kelurahan 7 kecamatan dengan daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap II sebanyak 181.039 jiwa dan 966 orang pemilih khusus.

Pemilu Legislatif 2019 terdiri empat kertas suara, yaitu surat suara DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Riau dan DPRDKabupaten Kota. Pemilu Presiden diikuti dua pasangan calon, yaitu Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga: Masa tenang Gakumdu Bengkalis jaring mobil bawa alat peraga kampanye

Baca juga: Bawaslu Kota Dumai minta peserta Pemilu cabut APK di masa tenang