Ketua KPU Lantik 70 Anggota PPK Siak

id ketua kpu, lantik 70, anggota ppk siak

Siak, Riau 24/9 (ANTARA) - Ketua KPU Kabupaten Siak, Provinsi Agus Salim, Jumat melantik 70 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 14 kecamatan di kabupaten itu.

"Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Siak akan dilaksanakan pda bulan April 2011, diharapkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dapat bekerja dengan baik dan dapat saling bekerja sama demi kelancaran dan kesuksesan Pilkada Siak mendatang," kata Agus Salim saat pelantikan itu.

Ia mengatakan, untuk saling bersatu dibutuhkan kesamaan persepsi guna membangun citra bangsa, melalui penyelenggaraan pesta demokrasi Pilkada yang baik.

Sebab, pada pemilihan tersebut dapat diartikan bahwa Pilkada merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat yang diselenggrakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Menurut dia, dengan pelantikan PPK ini diharapkan menjadi awal dari rangkaian pelaksanaan Pilkada.

Ia mengatakan, setelah PPK juga akan dilaksanakan pelantikan PPS di kecamatan masing-masing.

Bupati Siak Arwin AS berharap perubahan struktur dapat membawa kemajuan bagi daerah itu, dimulai dari berbagai tahapan Pilkada, yang diawali dengan pemilihan PPK dan kemudian pelantikan.

Dia percaya dari pengalaman yang telah diperoleh PPK, baik yang terpilih kembali atau pun yang baru tapi telah dibekali berbagai keterampilan melaksanakan Pilkada sesuai dengan harapan.

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Riau Raja Syofyan Samad menyampaikan pelaksanaan Pilkada harus didasari dengan jujur dan adil serta mandiri.

"Dan mematuhi aturan perundang-udangan yang berlaku serta menganut sistem politik demokrasi," katanya.

Apalagi perundang-undangan yang berlaku saat ini adalah hasil dari beberapa kali amandemen, sehingga telah banyak penyempurnaan-penyempurnaan dilakukan demi menerapkan sistem politik demokrasi, tambahnya.

"Dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku kita harapkan Pilkada di Kabupaten Siak dapat berlangsung sukses dan tidak terjadi kecurangan seperti tahun sebelumnya," katanya.