Kapolda, Ketua KPU dan Bawaslu keliling Riau pastikan persiapan Pemilu 2024

id Kapolda Riau

Kapolda, Ketua KPU dan Bawaslu  keliling Riau pastikan persiapan Pemilu 2024

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal saat memastikan kesiapan penyelenggaraan Pemilu di Riau. (ANTARA/Ho-Poda Riau)

Siak (ANTARA) - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal meninjau TPS dan persiapan pengamanan di Kabupaten Siak, Pelalawan, dan Bengkalis, Selasa.

Irjen Iqbal ingin memberikan semangat kepada anak buahnya dan penyelenggara pemilu lainnya. Tak sendirian, ia bersama Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal dan Ketua KPU Riau Ilham Yasir.

Awalnya Irjen Iqbal mendatangi TPS yang berada di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis. Selanjutnya Irjen Iqbal bertolak ke Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak.

Setiba di lokasi, Iqbal langsung mengajak petugas PAM TPS Bripka Vicky berdiskusi. Salah satunya bertanya soal tugas anak buahnya dalam pengamanan TPS. Dalam diskusi itu, Bripka Vicky menyatakan TPS di Tualang, aman dan kondusif.

Kemudian Kapolda menemui seluruh elemen terkait yang mengamankan TPS, mengecek satu persatu alur pencoblosan. Alur mulai dari daftar, masuk antrian, mencoblos dan terakhir keluar TPS yang dilengkapi dengan pustaka mini.

"Tujuan kami ingin menyapa dan memberi motivasi kepada teman-teman KPPS, PPK dan juga masyarakat. Pantauan kami semuanya sudah siap, mereka paham dan mengerti dengan tugas," kata Iqbal.

Sebelum ke Siak, Kapolda juga telah berkunjung ke Kepulauan Meranti serta Indragiri Hilir bersama Bawaslu dan KPU. Dia ingin memastikan di semua daerah sudah siap dalam penyelenggaraan pesta demokrasi, termasuk pulau terluar.

"Kami tadi dari Pekanbaru ke Pulau Rupat dan kemarin kami ke pulau terluar. Semua siap. Kita selalu bergandengan tangan di lapangan bersama teman-teman Bawaslu, KPU, TNI dan pemerintah," tutur Iqbal.

Ketua Alumni Akpol 1991 itu meyakini bahwa satu hari menjelang pencoblosan seluruh wilayah Riau, aman dan kondusif.

Irjen Iqbal juga mengerahkan seluruh pejabat utama Polda Riau, mulai dari Wakapolda, para Direktur, serta seluruh pejabat lainnya patroli dan mengecek kesiapan Pemilu ke wilayah-wilayah.

“Intinya pantauan kami semua luar biasa siap. Riau kondusif. Ada nuansa kebersamaan antara seluruh stakeholder. Cuaca juga sangat mendukung. Insya Allah besok Pemilu kondusif, hingga ke penghitungan suara,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Ilham MYasir mengatakan hingga saat ini seluruh logistik pemilu di Provinsi Riau sudah didistribusikan. Selanjutnya logistik siap diantar ke TPS saat pemilihan besok.

"Seluruh logistik sudah didistribusikan ke kabupaten dan kota semua sudah tiba, tinggal besok didistribusikan ke TPS-nya. Semua sampai dengan aman," ucap Ilham.