Pengunjung Museum Turun Selama Ramadhan

id pengunjung museum, turun selama ramadhan

Pekanbaru, 24/8 (ANTARA)- Pengunjung Museum Negeri Riau Sang Nila Utama, Pekanbaru, mengalami penurunan yang cukup signifikan sepanjang bulan Ramadhan.

"Jumlah pengunjung selama satu pekan hanya sekitar 100 orang. Berbeda dengan biasanya yang bisa mencapai 200 hingga 250 orang perminggu," jelas Kepala Museum Negeri Riau Sang Nila Utama, Yoserizal Zein, di Pekanbaru, Selasa.

Hal itu disebabkan minimnya acara yang diadakan oleh pihak museum akibat keterbatasan dana. Jika pada tahun lalu, pihaknya menyediakan taman bacaan Ramadhan, sedangkan tahun ini tidak ada kegiatan.

"Memang harus diakui kurangnya pengunjung disebabkan minimnya kegiatan yang diadakan," katanya.

Padahal, lanjut dia, di museum tersebut terdapat naskah-naskah tentang penyebaran agama Islam di Riau. Dimana pengunjung bisa belajar banyak mengenai perkembangan Islam di Riau dari waktu ke waktu.

"Selain disebabkan kurangnya kegiatan juga fasilitas dalam museum sangat minim. Museum ini panas, karena tidak ada pendingin ruangan," ujar Yose.

Pihaknya sudah berulangkali mengajukan agar fasilitas museum tersebut dilengkapi. Namun hingga saat ini, belum juga mendapat tanggapan dari Pemprov Riau.

"Tahun ini dicanangkan sebagai tahun berkunjung ke museum, seharusnya dilakukan berbagai upaya agar masyarakat tertarik datang ke museum. Salah satunya adalah melengkapi fasilitas dalam museum," imbuh Yose.