Pengamat: Pemerintah berikan perubahan positif atasi masalah energi

id energi listrik

Pengamat: Pemerintah berikan perubahan positif atasi masalah energi (Antaranews/Frislidia)

Pekanbaru (Antaranews) - Pengamat Ekonomi dari Riau, Dr Viator Butarbutar mengatakan, dalam era pemerintah Presiden Joko Widodo memang belum seluruh masalah energi terselesaikan, tetapi perubahan-perubahan positif telah terjadi.

"Prestasi pemerintahan Jokowi di bidang energi sangat baik khususnya untuk penambahan kapasitas energi listrik dan sudah banyak desa-desa yang mendapatkan penerangan listrik," kata Viator di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, Indonesia memiliki kebutuhan listrik yang banyak, saat ini listrik tidak hanya ada di kota besar saja, namun energi listrik sudah masuk ke pelosok desa.

Ia menyebutkan listrik adalah kebutuhan utama rakyat Indonesia, tanpa listrik roda ekonomi di Indonesia bisa macet total, pasalnya banyak pabrik dan industri besar yang menggunakan listrik dan bergantung pada listrik.

Baca juga: Pemko Pekanbaru Ganti 25.000 Lampu PJU dengan Bohlam Hemat Energi

"Dalam kehidupan sehari-hari pun manusia mengandalkan listrik, mulai dari memasak, belajar dan masih banyak lagi lainnya. Manusia membutuhkan energi listrik untuk kehidupannya dan banyak manfaat energi listrik untuk kehidupan ini," katanya.

Namun demikian, katanya menekankan, pada Presiden terpilih maka yang perlu dikejarkan adalah pemenuhan energi dan listrik terkait pertumbuhan permintaan akan sangat tinggi, searah dengan perubahan-perubahan ekonomi dan revolusi industri.

Ia menilai bahwa prestasi pemerintahan Jokowi di bidang energi sangat baik termasuk dimulainya pembangunan kilang BBM di dalam negeri dan satu hal yang luar biasa adalah penerapan "single price BBM" di seluruh Indonesia.

"Memang belum seluruh masalah energi terselesaikan, masih bertahap dan perubahan-perubahan positif telah terjadi, tentu saja belum sesuai kebutuhan ideal, tetapi kita sudah berada pada arah dan jalur perubahan yg benar," katanya.

Ia menambahkan, terkait dengan data perkembangan infrastruktur sudah luas dipublis, termasuk jalan tol, bandara, pelabuhan, waduk-waduk dan lainnya. Demikian juga untuk pangan dan pengendalian lingkungan yang pasti banyak perubahan positif.

Baca juga: Daur Ulang Sampah Hasilkan Energi Listrik Terbarukan

Baca juga: ESDM: Peralatan Listrik Harus Berlabel Hemat Energi


Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar