Toyota alokasikan Rp10 miliar dukung pengembangan pariwisata

id toyota, wisata, ulu kasok, pantai

Toyota alokasikan  Rp10 miliar dukung pengembangan pariwisata

Toyota bukukan penjualan 82.167 unit kendaraan (Antaranews/Frislidia) (Antaranews/Frislidia/)

Pekanbaru (Antaranews Riau) - Agung Toyota bersama Toyota Auto Mall mengalokasikan Rp10 miliar dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendukung upaya pengembangan kawasan pariwisata di Indonesia pada tahun 2019.

"Pada tahun 2019, Toyota akan melirik 10 daerah tujuan wisata unggulan seperti di Sumatera, Pulau Jawa dan Maluku, Belitung, Sulteng dan lainnya agar pariwisata daerah itu makin berkembang," kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto dalam keterangannya di Pekanbaru, Sabtu (19/1).

Menurut dia, alokasi anggaran sebesar Rp10 miliar itu bisa dimanfaatkan bagi pengembangan pariwisata selama tiga tahun atau pada 2019 hingga 2021 tentunya berdasarkan kebutuhan daerah setempat.

Ia menyebutkan, di Sumatera direncanakan Toyota memberikan kontribusi bagi pengembangan kawasan wisata Danau Toba, berikutnya Gunung Bromo, Mandalika di Lombok, Kepulauan Seribu, Labuan Bajo dan di Belitung yakni Pantai Kalayang.

"Pantai Kalayang berada di Belitung yang berpasir putih dan halus, wisatawan diyakini akan menyukai laut yang tenang dan dan dangkal itu. Pengunjung bisa menyewa peralatan untuk olah raga air, seperti kayak dan banana boat. Di situ juga tersedia restoran dan warung untuk menikmati kelapa," katanya.

Ia menyebutkan, pantai ini letaknya di sebelah utara Pulau Belitung sekitar 30 km dari Kota Tanjungpandan. Pantai ini mempunyai panorama pantai indah dan unik, di sebelah barat dijumpai gugusan batuan granit yang memiliki bentuk dan susunan beraneka ragam.

Berikutnya wisata Kepulauan Seribu (Thousand Island), sebuah nama dari kumpulan ratusan pulau yang berada di Teluk Jakarta. Kepulauan Seribu terletak di sebelah utara pantai Jakarta, dan Kepulauan Seribu terdiri atas 128 pulau.

Selain itu, katanya, kawasan wisata Bromo (gunung suci) yang dipercayai oleh penduduk sekitar Gunung Bromo, Suku Tengger, Gunung Bromo atau Gunung Brahma. Sedangkan Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif yang ada di Indonesia, berlokasi di Jawa Timur dan meliputi empat kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang.

"Kawasan wisata Pulau Mandalika ini berhadapan langsung dengan lokasi wisata Benteng Portugis yang terletak persis di pinggir pantai desa Ujung Watu. Desa ini termasuk ke dalam wilayah kecamatan Keling yang masih dalam wilayah Kabupaten Jepara," katanya.

Di samping itu, kawasan wisata Labuan Bajo mempunyai daya tarik bagi pengunjung. Berikutnya Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 taman nasional di Indonesia, yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Menurut Regional Manager Wilayah Barat Agung Toyota Himawan Wahyu Wardhana, di Riau akan dimasukkan dalam daftar kawasan wisata program CSR Toyota tahun 2019 yakni Tesso Nilo.

"Pada periode yang sama, kita akan mendukung upaya percepatan pengembangan Taman Nasional Tesso Nilo di Jl. Raya Langgan KM 4, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, taman nasional ini merupakan kawasan pelestarian alam yang memiliki ekosistem hutan dataran rendah seluas 83.568 hektare.

Kawasan ekowisata di Taman Nasional ini membentang hingga empat kabupaten yakni Palalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Kampar. Selain menjadi kawasan taman nasional, Tesso Nilo juga menyajikan kawasan wisata alam di Riau dengan pemandangan alam yang indah dan menarik serta kehidupan satwa liar yang hidup di alam bebas. Di tamn ini pengunjung dapat menemukan tempat konservasi habitat gajah. Selain itu sejumlah satwa liar yang hidup bebas seperti harimau Sumatera, tapir, rusa dan beruang madu.

Fasilitas tersedia, katanya sudah cukup bagus, dan sejumlah sarana dan prasarana pendukung sudha mulai dibangun, namun demikian bantuan program CSR untuk kawasan wisata ini perlu sipelajari dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.