Sejumlah badai besar Pasifik diperkirakan terjang California

id Badai Pasifik,Badai terjang California

Sejumlah badai besar Pasifik diperkirakan terjang California (Antaranews)

Los Angeles (Antaranews/Reuters) - Sejumlah badai besar Pasifik diperkirakan akan menumpahkan salju hingga setinggi 2,1 meter di pegunungan Sierra Neveda di California, Amerika Serikat (AS), serta curah hujan mencapai beberapa centimeter di beberapa wilayah di negara bagian itu.

Badai itu memicu pengungsian di sejumlah wilayah yang beresiko dilanda tanah longsor.

Menurut laporan Layanan Cuaca Nasional (NWS), badai pertama bergerak ke Southern California pada Selasa (15/1) waktu setempat, dengan curah hujan mencapai 7,6Cm dan dipekirakan menerjang beberapa wilayah di Los Angeles dan Ventura Counties, serta 4,5Cm di Pegunungan Santa Monica.

Baca juga: 70.000 Orang Tak Peroleh Listrik di Portugal Akibat Badai Leslie

Kepolisian Los Angeles dan wilayah Santa Barbara memerintahkan pengungsian warga dari daerah yang tahun lalu dilanda kebakaran lahan karena resiko hujan lebat bisa memicu aliran lumpur dan puing-puing di perbukitan yang habis dilalap api.

NWS juga melaporkan kemungkinan penutupan sejumlah besar jalan dan penundaan perjalanan terjadi di wilayah Los Angeles, mengingat resiko banjir bandang dan longsor akibat badai itu.

Menurut Accuweather, badai yang lebih besar terbentuk di laut dan diperkirakan menerjang pesisir California pada Rabu.

Wilayah utara Santa Barbara kemungkinan menghadapi curah hujan hingga 7,6Cm dan kemungkinan penumpukan setinggi lebih dari dua meter yang kemungkinan turun di area seluas 1.829 meter di Pegunungan Sierra Nevada.

"Yang paling besar masih berada di tengah Pasifik," kata Meteorologis AccuWeather John Gresiak. "Itu badai yang sangat kuat."

Cuaca merupakan anugerah bagi petani dan wilayah ski California, mengingat sebagian besar wilayah di negara bagian itu tengah bangkit dari bertahun-tahun kekeringan, menurut Pemantau Kemarau Amerika Serikat.

Cuaca yang tidak teratur merupakan akibat dari angin yang membawa udara lembab dari Pasifik --yang dikenal sebagai "sungai beratmosfer."

Badai pertama akan mencapai wilayah barat daya dan timur laut AS pada Kamis dan Jumat, yang membawa lebih banyak udara lembab dari Teluk Meksiko. Badai kedua akan menghantam wilayah tengah dan timur AS saat akhir pekan, kata Gresiak.

Baca juga: Badai Rosa Jadi Kategori 2 di Lepas Pantai Meksiko

Baca juga: Boeing Tutup Pabrik Pesawat 787 di Carolina Selatan Akibat Badai


Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar