Stok beras Bulog Riau-Kepri awal tahun capai 27.000 ton

id Stok Beras, Bulog Riau,Stok awal tahun

Stok beras Bulog Riau-Kepri awal tahun capai  27.000 ton

Stok beras bulog Riau-Kepri awal tahun capai 27.000 ton (Antaranews/Vera Lusiana)



Pekanbaru (Antaranews Riau) - Perum Bulog Divisi Regional Riau - Kepulauan Riau miliki stok beras sebanyak 27.000 ton pada awal tahun 2019 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

"Masyarakat Riau-Kepri jangan kuatir akan beras, kita saat ini ada stok 27.000 ton," kata Kepala Bulog Riau-Kepri Abdul Muis S Ali kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Abdul Muis S Ali menjelaskan dengan stok 27.000 ton tersebut kebutuhan pokok warga dua provinsi itu cukup aman untuk enam bulan mendatang.

"Jadi ketahanan pangan kita enam bulan mendatang aman. Kini jumlah tersebut tersebar di gudang - gudang Bulog yang ada di enam sub Divisi Regional dan dua Kansilog," ujar Muis sapaan pria berkaca mata itu.

Baca juga: Bulog : Stok Beras Riau Mencukupi Hingga Setahun

Menurut dia stok beras itu sengaja disebar di beberapa lokasi agar mudah mendistribusikan sesuai peruntukan.

Disebutkan dia lagi masyarakat Riau dan Kepri tiap bulannya membutuhkan alokasi beras sebanyak 2.500 untuk berbagai kegiatan termasuk PSO. Sedangkan bantuan bencana Bulog juga miliki alokasi khusus.

"Kebutuhan beras 2.500 perbulan itu untuk alokasi bantuan sosial, golongan anggaran dan penyaluran beras untuk keluarga sejahtera (Rastra)," bebernya.

Sementara itu Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru menyatakan bahwa saat ini stok beras di Riau dan Pekanbaru aman dan terkendali.

Jumlah tersebut membuat kondisi harga beras di beberapa pasar tradisional Pekanbaru relatif stabil.

"Kalau beras di luar penugasan harganya terpengaruh mekanisme pasar, sementara yang di bawah Bulog itu stabil," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru Ingot Achmad Hutasuhut.

Untuk itu ia menambahkan pihaknya yakin tidak ada gejolak harga beras karena stok berlimpah selain dari Bulog, perdagangan komersial antar provinsi seperti beras asal Sumatera Barat dan Palembang distribusinya lancar ke Pekanbaru.

Ia menambahkan dari data harga yang dicatat tiap hari saat ini harga eceran beras premium merek Belida dan Topi Koki asal Pelembang Rp12.000 - Rp 12.500 per kilogram.

"Sedangkan merek Mundam atau Anak Daro diecer Rp13.500 per kilogram lalu Pandan Wangi dijual Rp14.000 dan Ramos diperdagangkan Rp11.000 per kilogram," pungkasnya.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Stok, Bulog Riau-Kepri Datangkan 2.000 Ton Beras

Baca juga: Bulog Dumai Jamin Stok Beras Aman Hingga 6 Bulan Kedepan