APRIL Raih Penghargaan SBA Indonesia karena Komitmen untuk UN SDG's

id APRIL,RAPP,Presdir RAPP Sihol Aritonang

Presdir RAPP Sihol P. Aritonang menerima penghargaan SBA Indonesia dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro di Hotel Mandarin, Jakarta, Senin malam (7/12/2018). (aprildialog.com)

Pekanbaru (Antaranews Riau) - APRIL Group mendapat penghargaan dalam ajang Indonesia Sustainable Business Awards (SBA) sebagai entitas bisnis yang paling mendukung program PBB untuk tujuan pembangunan berkelanjutan atau “sustainable development goals” (SDGs).

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, di Hotel Mandarin Jakarta, Senin (7/1/2018). Penghargaan tersebut diterima oleh Presiden Direktur PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Sihol Aritonang. RAPP merupakan perusahaan andalan APRIL dalam industri kehutanan yang berlokasi di Provinsi Riau.

APRIL meraih penghargaan tersebut karena dinilai telah menunjukan kinerja yang sangat maju untuk mendukung SDGs. Kemudian juga dinilai memiliki program terbaru sebagai bentuk komitmen untuk menunjukan transparansi terkait operasinya, dan untuk melanjutkan keberpihakannya terhadap tujuan pembangunan untuk komunitas di wilayah kerjanya dan untuk regional.

Kinerja entitas bisnis tersebut juga dianggap cukup berhasil mengadopsi program PBB untuk SDGs dalam strategi operasinya, yang sejalan dengan investasi berkelanjutan.

Baca juga: Komit Dukung SDG, PT RAPP Resmi Jadi Anggota Indonesia Global Compact Network

SBA Indonesia adalah ajang penghargaan yang ditaja oleh Global Initiatives, yang pada penyelenggaraan ke-6 ini, berkolaborasi dengan PwC, Bappenas, Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD), Control Union, Kigali Cooling Efficiency Programme (K-CEP), Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) and CNBC Indonesia.

Selain itu, SBA Indonesia juga menjadi ajang penghargaan tertinggi di regional sejak 2012, yang memberikan apresiasi pada praktik bisnis keberlanjutan.

“Sustainable Business Awards bukan sekadar seremonial, tapi untuk menunjukan kepemimpinan dan kreativitas untuk berinovasi secara kolektif untuk masa depan yang lebih berkelanjutan. Pada akhirnya, kemenangan bukan hanya milik satu orang atau satu perusahaan, tapi juga untuk lainnya, kepada stakeholders mereka. Dan itu membentuk semangat bagi perusahaan,” kata Presiden IBCSD Shinta Kamdani dalam pernyataan pers yang diterima Antara.

Baca juga: Batik Bono Pelalawan jajal pasar internasional

Presiden Direktur PwC, Marina R. Tusin menambahkan bahwa ajang SBA punya pesan kuat terkait keberlanjutan (sustainability). “Keberlanjutan bukan hasil akhir, tapi sebuah proses pencarian. Sebuah proses pencarian yang akan terus berusaha untuk membangun dan meningkatkan kesejahteraan dengan ekonomi,sosial dan ‘natural capital’. Sebuah proses pencarian untuk memberi bagi generasi penerus, untuk anak dan cucu kita, sebuah kehidupan berkelanjutan,” katanya.

“Sebuah proses pencarian yang meninggalkan jejak kaki kita dan harta pusaka, bahwa kita, sebagai pebisnis, pelayanan publik, masyarakat yang lebih luas, ingin mewariskannya untuk generasi setelah kita,” lanjut Marina.

Baca juga: Pemkab Siak Gandeng RAPP Restorasi Istana Peraduan

Sementara itu, Presiden Direktur PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Sihol Aritonang mengatakan operasional APRIL Group sudah sejalan dengan visi inti bisnis yang disingkat ‘5Cs’. Yang artinya beroperasi dengan etika yang bagus untuk komunitas (Community), negara (Country), iklim (Climate), konsumen (Consument) dan perusahaan (Company).

“Tapi nilai dari tujuan pembangunan berkelanjutan berada pada menyatukan visi kami dengan kerangka pembangunan global yang sudah diterapkan oleh 193 negara, dan benar-benar menyatukannya ke dalam cara kami berbisnis,” ujarnya.

“Kami menerima penghargaan ini sebagai pengakuan atas usaha kami, sebagai sebuah perusahaan, yang menyatukan strategi kami dan kontribusi kami untuk lokal, nasional dan prioritas global, dan untuk menerjemahkan ini dalam sebuah tindakan di lapangan dimana kami bisa benar-benar memberikan manfaat sebesar-besarnya,” tambah Aritonang dalam pernyataan resminya.

Baca juga: APRIL Komitmen Tingkatkan Ekspor Kertas

Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar