10 Bus Bantuan Kementerian Perhubungan Tiba di Pekanbaru

id 10 bus, bantuan kementerian, perhubungan tiba, di pekanbaru

10 Bus Bantuan Kementerian Perhubungan Tiba di Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sebanyak 10 unit bus baru ukuran sedang bantuan dari Kementerian Perhubungan telah tiba di Pekanbaru, Riau, untuk memperkuat armada transportasi Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP).

"Bus tersebut kami terima pengirimannya kemaren (4/12) sore," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Kendi Harahap kepada antara di Pekanbaru, Rabu.

Kendi Harahap menyatakan 10 unit bus baru ukuran sedang ini akan mampu memperkuat transportasi TMP untuk mengisi koridor yang selama ini masih belum maksimal.

"Bus tambahan yang kami peroleh ini untuk koridor IV Tenayan dan dari Ramayana ke AKAP," terang Kendi.

Menurutnya, karena bus bantuan hibah tersebut ukuran sedang, akan menggantikan peruntukan bus ukuran besar yang ada selama ini di jalur koridor IV.

"Kami gantikan mobil yang besar itu dengan hibah baru karena manuvernya agak sulit di situ (koridor IV) dan dipindahkan ke jalan yang jalurnya agak besar seperti Garuda Sakti, dan Kubang," tuturnya.

Kendi menjelaskan dengan bantuan ini pihaknya akan memaksimalkan operasional pelayanan angkutan massal kota Pekanbaru yang selama ini sudah dikelola dinas terkait lewat TMP.

Untuk proses persiapan bus lanjut dia, surat menyurat dan nomor polisinya serta balik nama bus akan dilakukam segera.

"Jadi setelah pelatnya keluar, sekitar Februari 2019 baru bisa beroperasi," tegas Kendi.

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum antara dari Dishub saat ini ada 105 unit bus TMP hibah Kemenhub selama lima tahun terakhir.

Dari total tersebut yang beroperasi 75, sedangkan 10 unit hibah Kemenhub pada 2018 baru tiba, 12 bus stanby dan delapan dalam posisi rusak dan segera dilakukan penghapusan.

Jumlah koridor yang kini melayani angkutan TMP ada 13 yang tersebar dalam kota hingga perbatasan Pekanbaru, Siak, Kampar, dan Pelalawan (Pekansikawan).