Ribuan Siswa Kuantan Singingi Ikut Pawai Ta'aruf

id ribuan siswa, kuantan singingi, ikut pawai taaruf

Ribuan Siswa Kuantan Singingi Ikut Pawai Ta'aruf

Kuantan Singingi, Riau (Antarariau.com) - Ribuan siswa se - Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau mengikuti pawai ta'aruf akbar dalam memeriahkan tahun baru Islam 1440 Hijriah yang diselenggarakan di lapangan Taman Jalur Kota Teluk Kuantan.

"Acara sangat meriah, diikuti oleh sejumlah Pejabat Pemerintah Kuansing," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kuantan Singingi Muradi melalui staf Humas Selpi Keswita di Teluk Kuantan, Rabu.

Ia mengatakan, pawai yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bekerja sama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kuantan Singingi itu berjalan sangat meriah, bahkan ratusan masyarakat ikut berperan aktif.

Peserta pawai terdiri dari 33 sekolah mulai dari sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) hingga sekolah menengah atas (SMA) sederajat, acara dipusatkan di lapangan Limuno Teluk Kuantan dengan berjalan kaki sejauh lebih kurang tiga kilo meter.

" Bupati Kuansing Mursini melepas peserta mengelilingi Kota Jalur tersebut," katanya.

Dengan menggunakan busana Muslim, peserta pawai ta'aruf berjalan kaki dimulai dari lapangan Limono terus menuju arah SDN 001, terus belok kiri ke arah zona caffe kemudian menuju pasar rakyat.\

Setiba di sana, selanjutnya menuju jalur dua samping pasar rakyat dan lembaga permasyarakatan akhirnya ke arah masjid raya serta kembali ke lapangan Limono.

Begitu sampai di lapangan Limono seluruh peserta pawai disuguhi berbagai jenis makanan bubur dan minuman segar 1 Muharram yang telah disiapkan oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemkab dan panitia acara.

Menurutnya, peserta pawai ini oleh panitia juga diberi penilaian oleh pihak panitia, dan kepada sejumlah pemenang diberikan hadiah sesuai kategori tingkatan sekolahnya, terdiri atas juara 1, 2 dan 3 yang telah disiapkan pihak Badan Amil Zakat (BAZ) Kuantan Singingi dan dari panitia berupa trofi.

Ketua Panitia Pawai Ta'aruf Hendrita mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah guna menyemarakkan tahun baru Islam di Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2018.

" Tahun ini lebih meriah, semua peserta terlihat sangat merespon positif," ujarnya.