Ribuan Pelajar Di Rokan Hilir Mengikuti Pawai Akbar Sambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah

id ribuan pelajar, di rokan, hilir mengikuti, pawai akbar, sambut tahun, baru islam, 1440 hijriyah

Ribuan Pelajar Di Rokan Hilir Mengikuti Pawai Akbar Sambut Tahun Baru Islam  1440 Hijriyah

Istimewa

Oleh Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Ribuan pelajar dari SD, SMP dan SMA sederajat serta Ormas Islam di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau mengikuti pawai akbar dalam rangka menyambut 1 Muharram atau Tahun Baru Islam 1440 Hijriah/2018 Masehi.

Bupati Rohil Suyatno usai melepas peserta pawai di halaman Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah setempat, Selasa mengatakan, pawai akbar menyambut Tahun Baru Islam kali ini cukup meriah, karena melihat antusias masyarakat dan juga peserta pawai luar biasa ramai.

"Kita baru saja meninggalkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah, dan sekarang masuk 1440 Hijriah. Tentunya kita masing-masing introspeksi dirilah, bagaimana kita meningkatkan Ukhuwah Islamiyah antara umat yang satu dengan umat yang lainnya. Juga tidak lupa kita meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT," kata Bupati.

Suyatno berharap di Tahun Baru Islam 1440 Hijriah ini bersama-sama mendo'akan supaya Kabupaten Rohil aman, damai, masyarakat sejahtera dan proses pembangunannya berjalan sebagaimana yang diharapkan.

"Kita tahu saat ini kondisi Rohil dengan keprihatinan kita, apalagi sampai saat ini Pemerintah Pusat belum mencairkan dana Triwulan IV tahun 2017. Mudah-mudahan menghadapi Tahun Baru Islam ini terjadi perubahan-perubahan terhadap negeri kita ini," tuturnya.

Bupati juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah menyelenggarakan pawai akbar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriah.

"Mudah-mudahan kegiatan yang kita laksanakan hari ini mendapat ridho dari Allah SWT. Terima kasih kepada panitia, semoga apa yang kita harapkan hari ini dan kedepannya Insya Allah nanti kita tingkatkan lagi untuk menyambut Tahun Baru Islam dimasa-masa yang akan datang, intinya lebih meriah lagi," ujarnya.

Dalam rangka menyambut 10 Muharram nanti, Bupati juga mengharapkan kepada panitia untuk segera membentuk kegiatan apa saja yang akan dilakukan, terutama santunan anak yatim.

"Besok kita menyambut 1 Muharram ini ada Tabligh Akbar di Masjid Al-Ikhlas Bagansiapiapi. Kita mengundang Ustadz Zulfikar Nikmat dari Pekanbaru. Mari kita sama-sama mendengarkan tausiah yang akan disampaikan oleh Ustad kita nanti," ajaknya.

Sementara, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Rohil Wazirwan Yunus mengatakan, pawai akbar yang dilaksanakan setiap tahunnya itu bertujuan meningkatkan Ukhuwah Islamiyah serta persaudaraan masyarakat Rohil.

"Jadi, menyatukan seluruh Ormas Islam, OKP dan masyarakat tidak ada lagi perbedaan-perbedaan yang menyikapi hal-hal yang tidak kita inginkan," katanya.

Keseluruhan peserta pawai, kata Wazirwan, berasal dari SD, SMP, SMA, Ormas Islam, Pengurus Masjid, dan Ibu-ibu Rebana, kurang lebih 2.000 orang yang mengikuti pawai akbar.

"Untuk yang akan datang akan kita tingkatkan lagi, kebetulan tahun ini DMI Rohil yang menyelenggarakan kegiatan pawai akbar, mungkin tahun depan Ormas Islam lainnya," ujarnya. (adv)