Waspadai Karhutla Yang Terjadi Di Rohil, Wagub Imbau MPA Tetap Siaga

id waspadai karhutla, yang terjadi, di rohil, wagub imbau, mpa tetap siaga

Waspadai Karhutla Yang Terjadi Di Rohil, Wagub Imbau MPA Tetap Siaga

Istimewa

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim menginstruksikan Bupati Rokan Hilir agar mengimbau kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) di desa-desa di wilayah tersebut untuk tetap siaga mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan.

"Iya, masih juga ada di Rohil (Rokan Hilir), saya sudah telepon Pak Bupati Suyatno supaya menyiagakan MPA masing-masing desa," katanya di Pekanbaru, Senin.

Hal tersebut disampaikannya juga untuk menyambung pernyataan Komandan Satuan Tugas Karhutla Riau, Brigjend Sonny Aprianto terkait tembak di tempat pelaku pembakar lahan. Oleh sebab itu, dia berharap tidak ada warga terlibat dalam permasalahan tersebut.

"Tembak di tempat itu kepada pembakar lahan, tapi itu urusan penegak hukum. Mudah-mudahan tidak ada," imbuhnya.

Untungnya, pada Senin (20/8) ini jumlah titik panas di Riau sudah berkurang menjadi empat. Namun yang terbanyak tetap di Rohil yang merupakan kampung Wagub Riau ini.

Sebelumnya pada Sabtu (18/8) keberadaan titik panas dengan jumlah besar terpantau di Kabupaten Rohil sejumlah 42 titik. Dibanding sebelumnya lagi, medio pekan lalu sempat menyentuh angka 100 titik panas.

Diketahui terjadi kebakaran hebat melanda Desa Tanjung Leban yang sedikitnya menghanguskan 900 hektare lahan gambut. Kebakaran

lahan yang mayoritas telah ditanami sawit siap panen serta semak belukar itu bahkan juga sempat meluas ke pemukiman warga.

"Tahun ini lebih parah, karena selain kabut asap, kebakaran juga menyebabkan 20 rumah warga kami hangus terbakar. Dua unit motor dan satu mobil juga ikut terbakar. Kami sangat sedih dengan kondisi ini," Sekretaris Desa Tanjung Leban, Wandri.