Pemkab Kuansing Hadiri Rakornas Pemajuan Kebudayaan Kemenko PMK di Jakarta

id pemkab kuansing, hadiri rakornas, pemajuan kebudayaan, kemenko pmk, di jakarta

Pemkab Kuansing Hadiri Rakornas Pemajuan Kebudayaan Kemenko PMK di Jakarta

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pemajuan kebudayaan tahap I yang ditaja oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Jakarta.

" Bupati diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DR Dianto Mampanini," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah (Setda) Kuansing Muradi di Teluk Kuantan, Jumat.

Ia mengatakan, Rakornas bertema "Pemajuan Kebudayaan Sebagai Kompas Pembangunan Nasional" dilaksanakan dalam rangka mengoptimalkan upaya dalam menyamakan persepsi dan bergotong - royong dalam pemajuan kebudayaan, antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah saat ini, telah melakukan pengembangan pendanaan pemajuan kebudayaan yang berasal dari APBN, APBD, DAK Kebudayaan, Masyarakat dan atau sumber lain yang tidak mengikat, sesuai dengan peraturan Perundang - Undangan.

" Bagi Kuansing, kegiatan ini sangat strategis karena sejalan dengan Visi dan Misi kabupaten," sebutnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Dianto Mampanini mengatakan, Kuansing sangat kaya akan budaya, tradisi, adat dan destinasi wisata, dengan adanya kegiatan tersebut maka pelang bagi daerah untuk meingkatkannya.

" Tujuan akhir kita adalah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat juga," terang Sekda.

Ditambahkan Sekda, ada beberapa point kesepakatan, pihak Kementerian Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan akan mengoptimalkan Fungsi Koordinasi, Sinkronisasi dan Pengendalian Pemajuan Kebudayaan (FKSPPK) bersama dengan lembaga terkait.

Selain itu, Kementerian PPN/ BAPPENAS juga merumuskan Arah Kebijakan dan Strategi Pemajuan Kebudayaan (AKSPK) dalam RPJMN 2020- 2024, dan RKP untuk menjadi acuan bagi pemerintah daerah.

" Kita berharap menjadi kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan," ujarnya.

Rakornas tersebut dihadiri oleh Jajaran Direktur Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, Gubernur dan Bupati dari beberapa Provinsi di Indonesia, sementara Riau diikuti tiga kabupaten, yaitu Indragiri Hulu, Siak dan Kuantan Singingi. ***4***