Sejak 2016, Komunitas Anak Muda Bengkalis ini Sudah Sumbang 1.000 Kantong Darah

id sejak 2016, komunitas anak, muda bengkalis, ini sudah, sumbang 1000, kantong darah

Sejak 2016, Komunitas Anak Muda Bengkalis ini Sudah Sumbang 1.000 Kantong Darah

Bengkalis, (Antarariau.com) - Anak muda Bengkalis yang tergabung dalam Komunitas Berdarah Kota Bengkalis dan Sekitarnya (Koberkobs) sejak didirikan 17 Januari 2016 sampai saat ini sudah menyumbangkan 1.000 kantong darah untuk masyarakat Riau.

"Dalam dua tahun, sekitar 1.000 kantong darah sudah kita salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan dan darah tersebut didapatkan dari 600 relawan yang bergabung dengan komunitas ini," ujar Ketua Koberkobs Wan Junizal Al Banafaat di Bengkalis, Sabtu.

Ia menjelaskan, Koberkobs ini dicetus oleh anak-anak muda Bengkalis karena simpati terhadap pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), yang kesulitan mendapatkan darah, ketika mengalami kejadian atau sedang dalam perawatan.

"Waktu itu banyak calo yang memperjualbelikan darah ke pasien yang sangat membutuhkan dan dipatok harga Rp300.000 sampai Rp500.000 perkantong," kenang Wan Junrizal.

Darah dari relawan Koberkobs, kata Junizal bukan saja diberikan bagi masyarakat di Bengkalis saja, tetapi juga kepada pasien dari luar daerah.

"Darah yang diambil dari relawan juga disalurkan kepada pasien yang membutuhkan dari luar daerah," ungkapnya lagi.

Ditambahkannyajuga permintaan darah ada empat macam, Packed Red Cell (PCR) yang dibutuhkan pasien yang HBnya drop, misal mengidap anemia/kurang darah merah, ada pula HB trombositnya rendah. ***4***