5 Kelompok Nelayan Dumai Dapat Bantuan Kapal dan Alat Tangkap Ikan Rawai dari KKP

id 5 kelompok, nelayan dumai, dapat bantuan, kapal dan, alat tangkap, ikan rawai, dari kkp

5 Kelompok Nelayan Dumai Dapat Bantuan Kapal dan Alat Tangkap Ikan Rawai dari KKP

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Perikanan Kota Dumai, Provinsi Riau, mengusulkan lima kelompok nelayan di wilayahnya menerima bantuan kapal dan alat tangkap ikan rawai dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kepala Dinas Perikanan Dumai Afifuddinsyah di Dumai, mengatakan, usulan tersebut diperuntukkan bagi nelayan, yang tidak memiliki kapal dan peralatan tangkap ikan atau kondisinya sudah tidak layak.

"Tim kementerian sudah turun ke Dumai mengecek kondisi nelayan calon penerima bantuan kapal dan sepertinya usulan kami akan diakomodasi," katanya.

Dijelaskan, bantuan kapal ikan berbahan fiber dan alat tangkap rawai atau ramah lingkungan ini agar nelayan bisa meningkatkan kualitas dan kesejahteraan nelayan.

Kementerian KP menyalurkan bantuan kapal perikanan dan alat penangkapan ikan ini untuk mendorong nelayan di daerah memanfaatkan stok sumber daya ikan dengan optimal dan berkelanjutan.

"Tujuan lain untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk perikanan nelayan," sebutnya.

Calon penerima bantuan kapal perikanan dan alat tangkap ini tersebar di sejumlah kecamatan Dumai, dan tim KKP turun untuk mengecek langsung kondisi dan kendala yang dialami dalam proses tangkap ikan di laut.

Dia berharap nelayan mendapat bantuan kapal perikanan dan alat tangkap karena minimnya dukungan anggaran daerah akibat keterbatasan keuangan.

KKP berkomitmen memberi sumbangsih besar terhadap perekonomian dan kesejahteraan nelayan dengan tujuan memberikan peluang makin besar pada nelayan lokal agar bisa melaut. ***1***