Banyak Gejala Penyakit Tak Menular, Bupati Kuansing Minta Masyarakat Peduli Kesehatan'

id banyak gejala, penyakit tak, menular bupati, kuansing minta, masyarakat peduli kesehatan

Banyak Gejala Penyakit Tak Menular, Bupati Kuansing Minta Masyarakat Peduli Kesehatan'

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau meminta semua pihak ikut berperan aktif meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, karena saat ini banyak bermunculan sejumlah gejala penyakit di tengah kehidupan warga.

" Saya prihatin akan hal tersebut, ada timbul gejala penyakit tidak menular di Kuansing," kata Bupati Kuantan Singingi Mursini di Teluk Kuantan, Jumat.

Bupati merespon positiif informasi yang disampaikan oleh berbagai pihak bahwa gejala penyakit tidak menular maupun lainnya kembali timbul di tengah warga, tentunya masalah itu harus disikapi secara dini dan lebih cepat khususnya instansi terkait.

Banyak warga khawatir dampaknya dapat menurunkan produktivitas Sumber Daya Manusia (SDM) bahkan kualitas generasi bangsa, khususnya di daerah Kuansing, bahkan mempengaruhi kinerja maupun aktivitas sehari - hari.

" Persoalan itu menjadi beban pemerintah jika terlambat di carikan solusinya, karena penanganan PTM membutuhkan biaya yang besar," sebut Mursini.

Bupati Kuansing Mursini menegaskan hal itu disaat menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pertemuan Forum Koordinasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Kabupaten Kuansing pada Jumat (13/7) di ruang rapat Multi Media Kantor Bupati setempat.

Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan secara khusus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui gerakan hidup sehat, adapun langkahnya dengan dimulai dari melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari, mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak serta memeriksakan kesehatan secara rutin.

" Memeriksa kesehatan secara kontinue sangat perlu dilakukan," ujar Bupati.

Bupati menaruh harapan besar melalui kegiatan ini seluruh stake holder terkait dapat saling bahu membahu untuk keberhasilan gerakan masyarakat hidup sehat di Kabupaten Kuantan Singingi dalam kehidupan kesehariannya sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kuansing Reza Cahyadi menambahkan, pertemuan forum Koordinasi pelaksanaan Germas ini untuk tingkat Kabupaten Kuantan Singingi telah dilaksanakan pada tahun 2017 lalu saat memeringati Hari Kesehatan Sedunia (HKS).

" Forum Germas selama setahun telah banyak berbuat, budaya sehat, bersih, menjaga kesehata adalah penting," ujarnya.

Masyarakat harus berupaya agar selalu menjaga kesehatan dengan mandi air yang bersih, buang air besar dan kecil di WC, mengajak masyarakat makukan aktivitas gidik 30 menit perhari dan lain sebagainya. ***4***