Hasil Pilkada Riau di Pekanbaru, KPU Sahkan Syamsuar-Edy Nasution Pemenangnya

id hasil pilkada, riau di, pekanbaru kpu, sahkan syamsuar-edy, nasution pemenangnya

Hasil Pilkada Riau di Pekanbaru, KPU Sahkan Syamsuar-Edy Nasution Pemenangnya

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru secara resmi mengesahkan kemenangan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar-Edy Nasution dengan perolehan suara sebesar 45 persen.

"Jadi, KPU lewat pleno sudah mengesahkan Paslon nomor urut 1 Syamsuar-Edy Nasution memperoleh suara terbanyak, diikuti nomor urut 3, seterusnya 4 dan 2," kata Ketua KPU Riau Amiruddin Sijaya usai rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pilgub Riau 2018 tingkat Pekanbaru di Pekanbaru, Rabu.

Amiruddin Sijaya menjelaskan perolehan suara oleh Pasangan calon (Paslon) Syamsuar-Edy Nasution di tingkat Kota Pekanbaru mencapai 138.664 atau meraih 45 persen dari total pemilih.

Selanjutnya diikuti oleh Paslon nomor urut 3 yakni Firdaus-Rusli Effendi dengan perolehan suara 75.821 atau sebesar 25 persen dari total pemilih di Pekanbaru.

Kemudian diikuti oleh petaga gubernur Ardyadjuliandi Rachman-Suyatno dengan suara 64.204 atau 21 persen, dan ditempat terakhir adalah Paslon nomor urut 2 Lukman Edy-Hardianto hanya 26.046 suara atau 9 persen.

Menurut Ketua KPU hasil pleno ini akan langsung diserahkan kepada KPU Riau untuk jadi bahan pleno ditingkat Provinsi.

"Setelah ini hasil pleno Pekanbaru langsung kita serahkan ke KPU Riau, dan otomatis tugas dan tahapan kita selesai, " imbuhnya.

Ia menyatakan selama proses pleno dan pembacaan perolehan suara oleh 12 Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) berjalan lancar dan tidak ada protes atau interupsi dari semua hadirin yang menjadi saksi pleno.

Hanya saja sebut dia Panitia Pengawas Kota Pekanbaru diakhir acara memberikan beberapa evaluasi terkait proses Pilgub 2108, mulai dari masih minimnya pemahaman KKPS hingga tingkat partisipan pemilih setempat yang membaik.