Tingkat Kecamatan Selesai, KPU Dumai Jadwalkan Pleno Penetapan Hasil Pilgubri Rabu nanti

id tingkat kecamatan, selesai kpu, dumai jadwalkan, pleno penetapan, hasil pilgubri, rabu nanti

Tingkat Kecamatan Selesai, KPU Dumai Jadwalkan Pleno Penetapan Hasil Pilgubri Rabu nanti

Dumai, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai, Riau menjadwalkan rapat pleno penghitungan perolehan suara Pilkada Riau 2018 akan digelar Rabu (4/8) untuk penetapan final suara.

Komisioner KPU Dumai Robi Aslam menyebut pleno direncanakan di gedung daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung ini mengundang unsur pimpinan daerah, tim pemenangan dan saksi dari empat pasangan calon.

"Hasil pleno kita sampaikan ke KPU provinsi dan selanjutnya akan menunggu penetapan perolehan suara final pemilihan gubernur," kata Robi, Senin.

KPU juga sudah merampungkan pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilihan gubernur Riau 2018 di tingkat tujuh panitia pemungutan kecamatan.

Pleno kecamatan berlangsung sejak Jumat (28/6) dan berakhir Minggu (1/7), dan berjalan lancar tanpa kendala, yaitu PPK Medang Kampai, Sungai Sembilan, Bukit Kapur, Dumai Selatan, Dumai Barat, Dumai Kota dan Dumai Timur.

"Proses pleno di tingkat kecamatan sudah rampung dan seluruh logisitk dari TPS saat ini sudah disimpan di gudang kpu," sebutnya.

Sementara, Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan menyatakan, puluhan personel siap mengawal tahap pleno rekapitulasi suara tingkat kota 2018 untuk antisipasi gangguan dan pengamanan.

"Kami kerahkan puluhan personel untuk pengamanan pleno, dan saat ini situasi aman tanpa ada gangguan," katanya.

KPU Dumai menggelar pencoblosan ulang di satu tempat pemungutan suara, yaitu TPS 13 Kelurahan Bukit Batrem Kecamatan Dumai Timur karena diusulkan panitia pengawas setempat.

Panwas menemukan tiga orang mencoblos surat suara di TPS bukan tempat terdaftar sebagai pemilih tetap, akibat kelalaian petugas penyelenggara saat pemungutan suara Pilgub Riau 27 Juni 2018.

"Petugas temukan kejanggalan karena ada tiga pemilih mencoblos bukan di TPS terdaftar, karena kurang teliti kelompok penyelenggara, dan kita usulkan psu," kata Panitia Pengawas Pemilu Dumai Agustri. ***2*