Kecamatan Minas Gelar Lomba TPS Unik Meskipun Hasilnya Tidak ada yang Terlalu Unik

id kecamatan minas, gelar lomba, tps unik, meskipun hasilnya, tidak ada, yang terlalu unik

Kecamatan Minas Gelar Lomba TPS Unik Meskipun Hasilnya Tidak ada yang Terlalu Unik

Siak, (Antarariau.com) - Pemerintah Kecamatan Minas, Kabupaten Siak bekerjasama dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menggelar perlombaan membuat Tempat Pemungutan Suara (TPS) unik untuk menarik pemilih.

"Untuk mendukung dan mendorong kinerja PPK dan PPS, kami buatlah lomba menghiasi TPS di kecamatan Minas ini," kata Camat Minas Hendra Adi Nugraha dihubungi Antara dari Siak, Rabu.

Dia menyebutkan, pihaknya bersama PPK Kecamatan Minas sengaja membuat perlombaan seperti itu untuk meningkatkan partisipasi pemilih di wilayah setempat.

"Meskipun hasil dari pantauan kami tidak ada TPS yang terlalu unik-unik betul, namun kami tetap mengapresiasi petugas yang sudah menghiasi TPS untuk menarik masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya," kata Hendra lagi.

Kategori penilaian dalam lomba ini kata Hendra, berdasarkan kreatif desain TPS, penyelesaian masalah di TPS, persentase kehadiran pemilih, pengisian model c-kwk dan c1-kwk, kebersihan dan kerapian.

Dikatakan, lomba yang disediakan untuk TPS terpilih memang tidak besar dan hanya sederhana, karena perlombaan semacam ini masih perdana digelar.

"Kita harap bukan dari hadiah yang disediakan, ini hanyalah bentuk dukungan terhadap KPPS agar bisa menarik pemilih mendatangi TPS," sebutnya.

Dia katakan, kondisi cuaca hujan deras di wilayah setempat mengakibatkan beberapa TPS dipindahkan dari lokasi semula karena berlumpur dan becak. Masyarakat pun banyak yang enggan keluar untuk menyalurkan hak pilihnya.

"Ada beberapa TPS terpaksa harus dipindahkan petugas ke lokasi lain karena berlumpur-lumpur. Masyarakat juga jadi malas keluar rumah karena hujan masih belum reda hingga 09.30 WIB," ucap camat muda ini.

***2***