Sinar Mas Wakafkan 10.000 Al Quran

id sinar mas, wakafkan 10000, al quran

Sinar Mas Wakafkan 10.000 Al Quran

Pekanbaru (Antarariau.com) - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas mewakafkan 10.000 kitab Al Quran untuk masyarakat Provinsi Riau sebagai upaya mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Al Quran di Tanah Air.

Penyaluran wakaf Al Quran ditandai dengan penyerahan secara simbolis kepada 29 instansi pemerintah daerah hingga lembaga keagamaan, disela Bazaar Minyak Goreng Murah di halaman Kantor Gubernur Riau, Kota Pekanbaru, Kamis.

"Kegiatan Wakaf Al Quran dan bazar minyak goreng ini merupakan upaya APP Sinar Mas untuk mengamalkan nilai-nilai kebaikan dan kepedulian melalui kegiatan berbagi dengan masyarakat di bulan suci Ramadhan. Wakaf Al Quran ini juga bentuk komitmen kami mendukung upaya pemerintah memperluas ketersediaan Al Quran di masyarakat," ujar Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata.

Ia menjelaskan APP Sinar Mas menempatkan kegiatan wakaf ke dalam program corporate social responsibility (CSR) yang mengedepankan produk dan merek andalan sendiri. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk memperkuat penggunaan produk dalam negeri.

Kertas Al Quran yang diwakafkan menggunakan kertas premium khusus Sinar Tech atau yang lebih dikenal sebagai Quran Paper Product (QPP). Produk kertas yang dikembangkan oleh unit industri APP Sinar Mas, Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang ini memiliki tekstur yang sangat halus.

Selain itu, hasil cetakannya sangat baik dan detil, tinta tidak meluber, tidak tembus, serta tidak menyilaukan mata pembacanya. Kualitas cetakan QPP mampu bertahan hingga 100 tahun dalam keadaan normal.

Kertas ini telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia karena bahan baku dan proses produksinya memenuhi kaidah kehalalan. 90 persen produk QPP di ekspor ke berbagai negara di Asia dan Afrika karena kualitasnya yang sangat baik.

"Melalui donasi Al-Quran dengan kualitas kertas terbaik, kami berharap dapat membantu masyarakat setempat untuk memaksimalkan ibadahnya, terlebih karena Al Quran ini mampu bertahan secara turun temurun," tutup Suhendra.

Sejak tahun 2008, melalui program Wakaf Quran tersebut, APP Sinar Mas telah mendonasikan lebih dari 800.000 Al Quran, sekitar 150.000 buku panduan membaca Al Quran atau Juz Amma, serta Al-Quran Braille bagi tunanetra. Donasi tersebut disalurkan baik melalui mitra maupun pilar usaha Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Sedangkan kegiatan bazaar minyak goreng murah, sejak tahun 2005 Sinar Mas sudah menyalurkan lebih dari 30 juta liter ke berbagai wilayah di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Riau Yulwiriati Moesa, memberi apresiasi kepada APP Sinar Mas karena telah membantu masyarakat untuk mendapatkan akses membaca Al Quran serta meringankan beban masyarakat dalam menyambut Idul Fitri.

Keterlibatan perusahaan bersama pemerintah untuk menggelar pasar murah sangat dibutuhkan masyarakat, terutama untuk memenuhi keperluan bulan Ramadhan dan Lebaran.

"Kegiatan ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Idul Fitri karena barang yang diperdagangkan lebih murah dari harga di pasar," katanya.

"Selain itu, diharapkan kegiatan ini juga menumbuhkan kecintaan kepada produk dalam negeri," ujar Yulwiriati Moesa.