Beri Pemahaman Soal Energi yang Mesti Dijaga, Pertamina Kuliahi Mahasiswa Sejumlah Universitas di Riau

id beri pemahaman, soal energi, yang mesti, dijaga pertamina, kuliahi mahasiswa, sejumlah universitas, di riau

Beri Pemahaman Soal Energi yang Mesti Dijaga, Pertamina Kuliahi Mahasiswa Sejumlah Universitas di Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Pertamina (Persero) MOR I Sumatera bagian Utara menggelar kuliah umum terkait ketahanan energi berthema "Kobarkan Kebaikan, Energi Untuk Hidup Berkualitas" di beberapa kampus di Riau guna mengedukasi mahasiswa tentang seluk beluk energi di Indonesia.

"Ini sebagai upaya edukasi kepada para mahasiswa dan mahasiswi di Provinsi Riau tentang Energi," kata Branch Manager Marketing Sumbar Riau, Pertamina MOR I, Rahman Pramono di Pekanbaru, Senin.

Rahman Pramono menjelaskan dalam kegiatan ini, Pertamina ingin mengajak peserta yang merupakan aktivis organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang berasal dari berbagai universitas di Riau yakni Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Negeri Riau (UNRI), Universitas Islam Negeri (UIN), Universitas Abdurrab (UnivRab), Universitas Lancang Kuning (Unila), Politeknik Caltex Riau (PCR), Stikes Hang Tuah, dan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Menurut Rahman Pramono kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa tentang seluk beluk energi di Indonesia. Karena bagaimanapun, sejak 2003, Indonesia sudah menjadi net importer karena minyak yang kita produksikan sudah berada di bawah tingkat konsumsi.

"Tugas kita, terutama Pertamina sebagai BUMN, sangat menantang dalam upaya menjaga ketahanan energi di seluruh Nusantara. Diperlukan BUMN yang kuat dari hulu ke hilir untuk dapat menjaga kedaulatan dan ketahanan energi nasional, " ujarnya.

Karena itu sebut dia Pertamina mengajak mahasiswa untuk meningkatkan kepedulian atas keberlangsungan energi di Indonesia ke depan. Lalu harus ditanamkan di benak generasi muda sedari awal bahwa migas adalah energi fosil, yang merupakan warisan sehingga perlu dijaga keberadaannya untuk anak cucu kita kelak.

"Untuk itu, dalam acara ini Pertamina MOR I sengaja mengundang pakar energi Marwan Batubara untuk memberikan "insight" kepada para mahasiswa dan mahasiswi.

Diharapkan hal ini dapat menumbuhkan kepedulian mahasiswa dan mahasiswi sehingga bisa memberikan ide-ide kreatif dan solutif terhadap keberlangsungan energi di Indonesia, " tuturnya.

Sementara itu dalam kuliah umum Pengamat migas sekaligus Direktur Indonesia Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara menyampaikan bahwa banyak negara di dunia saat ini perlahan mengalihkan energi fossil ke energi terbarukan.

"Hal ini harus dicermati oleh generasi muda karena energi terbarukan seperti cahaya matahari, panas bumi, air, angin dan lainnya akan menjadi trend energi di masa depan," ujar Marwan.

Ia menambahkan, dengan diselenggarakan acara seperti ini, diharapkan mahasiswa/i teredukasi dengan baik dan secara proaktif turut serta mengembangkan dan menjaga keberlangsungan energi di Indonesia.

Di sesi terakhir Pertamina MOR I juga menghadirkan Human Capital Unit Manager Pertamina MOR I, Amilia Elvandari untuk membahas tentang tantangan di dunia kerja dengan harapan dapat menjadi bekal para mahasiswa dalam memasuki dunia kerja yang akan segera dihadapi.

Perlu diketahui pada acara tersebut, Pertamina MOR I juga memberikan bantuan sarana penunjang pendidikan berupa komputer bagi beberapa organisasi kampus yang berpartisipasi dalam acara tersebut.

***3***