Ratusan Siswa dari Empat Kabupaten Seleksi Beasiswa Ikatan Dinas RAPP

id ratusan siswa, dari empat, kabupaten seleksi, beasiswa ikatan, dinas rapp

Ratusan Siswa dari Empat Kabupaten Seleksi Beasiswa Ikatan Dinas RAPP

Head of Empowerment Community Development (CD) RAPP, Sundari Berlian memberikan pengarahan kepada peserta seleksi beasiswa ikatan dinas PT RAPP

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sebanyak 100 siswa dari Kabupaten Pelalawan, Siak, Kepulauan Meranti dan Kampar mengikuti seleksi beasiswa ikatan dinas PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di APRIL Learning Institut, Senin (30/4). Mereka akan melanjutkan pendidikan di Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK) di Bandung dan Institut Pertanian Stiper (Instiper) di Yogyakarta.

Head of Empowerment Community Development (CD) RAPP, Sundari Berlian mengatakan beasiswa ini merupakan komitmen perusahaan terhadap dunia pendidikan. Sundari mengatakan komitmen tersebut dilatarbelakangi karena pendidikan juga membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang intelek dan berkualitas.

"Tesnya ada psikotes dan akademik. Nantinya setelah itu akan ada wawancara. Ketika mereka lulus, akan langsung bekerja di RAPP. Minggu lalu kita telah melakukan seleksi untuk Kabupaten Kuantan Singingi" kata Sundari.

Bagi mereka yang lulus nantinya sebelum diberangkatkan, ditambah Sundari, mereka akan dibekali dengan berbagai ilmu dan motivasi agar mampu bersaing di kampus masing-masing.

"Jadi supaya mereka berprestasi, sebelum berangkat kesana (Yogyakarta dan Bandung-red), kita menyiapkan program orientasi yang isinya penyiapan mental, motivasi diri, dan secara bertahap akan dikenalkan dengan industri perusahaan," tambah Sundari.

Satu dari ratusan peserta, Syafina (18) yang berasal dari SMAN 1 Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, mengatakan ia ingin meneruskan pendidikannyabke tingkat yang lebih tinggi, namun ia tidak memiliki biaya untuk itu. Lewat beasiswa dari RAPP ini, ia optimis bisa mewujudkan cita-citanya.

"Sejak kelas 11, saya mendapatkan beasiswa dari RAPP. Sangat terbantu sekali, karena bisa membeli kebutuhan sekolah dan membantu kebutuhan adik saya," jelas anak ketiga dari enam bersaudara ini.

Sebelum seleksi, ia telah mempersiapkan diri dengan banyak berlatih soal dan membaca buku agar bisa menjawab soal-soal yang diberikan.

Saat ini, sebanyak 124 orang dari daerah operasional telah menerima beasiswa ikatan dinas RAPP, mereka berasal dari lima daerah operasional perusahaan, seperti Pelalawan, Kampar, Siak, Kuantan Singingi, dan Kepulauan Meranti. (Rls)