Targetkan Pendapatan Rp80 Miliar dari Hotel dan Restoran, Ini Upaya Pemko Pekanbaru

id targetkan pendapatan, rp80 miliar, dari hotel, dan restoran, ini upaya, pemko pekanbaru

Targetkan Pendapatan Rp80 Miliar dari Hotel dan Restoran, Ini Upaya Pemko Pekanbaru

Retmon Bensal Putra

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau upayakan pencapaian target Pendapatan Asli Daerah dari sektor perhotelan dan restoran sebesar Rp80 miliar di 2018 dengan memanfaatkan "tapping box" stay alat perekam transaksi untuk hotel, restoran dan Parker.

"Target PAD kita 2018 jauh melebihi pencapaian 2017 meskipun masih dalam objek yang sama," ucap Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru Muhammad Jamil, Jumat.

Jamil menjelaskan bahwa penggunakan "tapping box" atau alat perekam transaksi pada objek pajak hotel dan restoran serta perparkiran yang ada di Pekanbaru dirasa perlu mengingat sampai saat ini masih terdapat sejumlah objek pajak tersebut yang dinilai tidak jujur. Selain itu, ia menambahkan bahwa hal ini juga bertujuan untuk memberikan rasa aman dalam bertransaksi bagi masyarakat.

Lebih jauh Jamil mengatakan bahwa dari data yang diperoleh pihaknya di 2017, Pemko Pekanbaru berhasil mengumpulkan PAD dari sektor hotel dan restoran sekitar Rp30 miliar. Namun jumlah tersebut dirasa belum valid lantaran dari temuan pihaknya beberapa restoran tidak memberikan data asli transaksi mereka. Sedangkan jika dibandingkan dengan target 2018 ialah sebesar Rp80 miliar maka terlihat jarak yang cukup besar. Oleh sebab itulah penggunaan tapping box tersebut menjadi pilihan.

"Kita ingin tahu seberapa kekuatan PAD kita dari beberapa objek pajak tadi. Data asli lho ini yang kita mau," imbuhnya.

Lebih jauh Jamil menyebutkan bahwa untuk tahap pertama akan ada 35 tapping box yang akan dibagikan kepada sejumlah hotel dan restoran yang ada di Pekanbaru. Rencananya pemasangan tapping tersebut akan dimulai pada bulan Mei mendatang.

Dalam pelaksanaannya, tapping box tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak ketiga yaitu PT. Raharja Sinergi Komunikasi. Nantinya ia berharap agar PAD Kota Pekanbaru dapat optimal dan juga meningkatkan kesejahteraan bersama.

"PAD meningkat otomatis pembangunan di Pekanbaru akan lancar dan yang akan merasakan manfaatnya kita semua," pungkasnya.***