Targetkan pendapatan pajak Rp680 miliar

id targetkan pendapatan, pajak rp680 miliar

Pekanbaru - Pihak Kantor Pelayanan Pajak 'Pratama' Pekanbaru mentargetkan penerimaan pajak sebesar Rp680 miliar pada tahun 2012.

"Jumlah target tahun ini naik sebesar Rp40 miliar dibandingkan penerimaan pajak tahun lalu," kata Kepala Seksi Pelayanan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) 'Pratama' Pekanbaru, Mariyaldi, di Pekanbaru, Sabtu.

Meski begitu, menurutnya, pencapaian penerimaan pajak pada tahun 2011 hanya sekitar 68 persen mencapai target. Penerimaan pajak di KPP Pratama Pekanbaru hanya sekitar Rp590 miliar dari target Rp640 miliar.

Namun, ia mengaku optimis peningkatan penerimaan bisa tercapai karena dipengaruhi bertambahnya jumlah wajib pajak (WP) yang menyetorkan pajak melalui KPP Pratama Pekanbaru. Jumlahnya WP meningkat 23 persen pada tahun ini dibandingkan dari sebelumnya.

"Tahun lalu jumlah WP di KPP Pratama Pekanbaru ada sebanyak 64.000, namun kini jumlahnya naik menjadi 75.000 WP," ujarnya.

Untuk mencapai target penerimaan, lanjutnya, pihak KPP Pratama Pekanbaru melakukan berbagai cara dengan gencar melakukan sosialisasi ke instansi dan pusat keramaian di Pekanbaru.

"Kami 'jemput bola' dan mendatangi para WP," tuturnya.

Ia mengatakan, warga juga sudah bisa mengambil formulir surat pemberitahuan (SPT) tahunan langsung ke kantor pajak terdekat. Kantor pajak juga menyediakan pegawai untuk melakukan konsultasi untuk pengisian SPT, tanpa perlu warga mengeluarkan biaya.

Selain itu, demikian Mariyaldi, sensus pajak yang juga sudah diluncurkan tahun lalu diharapkan dapat menjaring para WP dari berbagai tingkatan di masyarakat.

"Dengan penetapan target tahun ini berarti kami akan lebih bekerja keras lagi untuk mencapai target," kata Mariyaldi.