Dukung Program Sapi Wajib Bunting, Distan Bengkalis Berikan Pelatihan Gratis pada Peternak

id dukung, program sapi, wajib bunting, distan bengkalis, berikan pelatihan, gratis pada peternak

 Dukung Program Sapi Wajib Bunting, Distan Bengkalis Berikan Pelatihan Gratis pada Peternak

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau melalui Dinas Pertanian memberikan pelayanan gratis terhadap kelompok peternak sapi yang ada di Kabupaten Bengkalis untuk mendukung program nasional dan pemerintah daerah dalam Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab).

"Upsus Siwab ini merupakan program nasional dari pemerintah pusat, untuk itu kita akan dukung program ini di daerah dan tahap pertama telah dilaksanakan di Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir," kata Kepala Dinas Pertanian Bengkalis H Arianto dalam keterangannya di Bengkalis, Kamis.

Dia mengatakan, pelayanan gratis yang dimaksud, adalah setiap kelompok peternak sapi yang memilki sapi akan mendapatkan Inseminasi Buatan (IB) dari tenaga ahli yang sudah ditunjuk dari dinas pertanian.

Selain mendapatkan IB, kelompok peternak juga mendapatkan penyuluhan agar kedepan bisa mengembangkan sapi yang ada lebih baik.

"Dokter hewan kita ada di setiap kecamatan, imunisasi IB yang diberikan kepada sapi ini dalam rangka ke depan pengelolaan sapi oleh kelompok ternak bisa memproduksi sapi sendiri," ujar Arianto.

Mantan Plt Sekda Bengkalis ini juga menjelaskan, dengan adanya program Upsus Siwab ini nantinya kedepan Bengkalis tidak perlu mendatangkan lagi sapi dari luar untuk memenuhi kebutuhan daging.

"Untuk memenuhi kebutuhan daging khususnya di Kabupaten Bengkalis, kita targetkan kedepan sudah memilki stok sendiri," jelas Arianto lagi.

Untuk tahap pertama ini sapi yang sudah mendapatkan IB sekitar 200 ekor sapi, akan tetapi jumlah yang ada di wilayah Kabupaten Bengkalis mencapai ribuan, untuk itu pelayanan gratis ini akan dilakukan di setiap kecamatan di daerah itu.