Naik Status Kelas IIB, RSUD Dumai Tambah Dokter Spesialis Jantung dan Bedah Syaraf

id naik status, kelas iib, rsud dumai, tambah dokter, spesialis jantung, dan bedah syaraf

Naik Status Kelas IIB, RSUD Dumai Tambah Dokter Spesialis Jantung dan Bedah Syaraf

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Rumah sakit umum daerah Kota Dumai resmi naik status tipe kelas IIB pada 9 Februari lalu, dan manajemen terus berupaya melengkapi pelayanan medis dengan menambah dokter spesialis jantung dan bedah syaraf.

Direktur RSUD Dumai dr Syaiful di Dumai, Rabu, mengatakan, naik kelas IIB ini hasil perjuangan selama empat tahun, dan bisa tercapai berkat kerja keras para medis dan dukungan penuh pemerintah daerah.

"Sebagai rumah sakit rujukan regional dan kelas IIB, kita terus melengkapi kebutuhan dokter spesialis dan segera menambah penanganan pasien bedah syaraf dan jantung," kata Syaiful.

Dalam peningkatan pelayanan medis, RSUD Dumai mendapat kucuran dana alokasi khusus pemerintah pusat selama dua tahun terakhir, yaitu Rp13 miliar pada 2017 dan Rp20 miliar di 2018.

Selain itu, dukungan Pemerintah Dumai dalam penganggaran bidang pembangunan kesehatan menunjukan keberpihakan, dapat dilihat dari pos anggaran 20 persen tiap tahun dalam APBD.

"Melengkapi fasilitas dan sarana kesehatan, kita dibantu bertahap oleh pemerintah dan naik status kelas IIB ini membuat arah pengembangan pelayanan rumah sakit jadi lebih baik lagi," sebutnya.

Tambahan dua pelayanan medis spesialis bedah syaraf dan jantung ini, lanjutnya, tentu untuk memudahkan kepentingan masyarakat, agar tidak lagi berkunjung ke luar Dumai untuk berobat.

Kunjungan pasien bedah syaraf ke rumah sakit cukup tinggi, namun kendala dokter spesialis belum ada dan fasilitas kesehatan minim, terpaksa dirujuk ke rumah sakit lain di Kota Pekanbaru.

"Pelayanan jantung dilakukan oleh tim spesialis, namun kita hanya sampai penanganan kontrol rutin, sedangkan untuk operasi masih harus ke rumah sakit rujukan lain," ucapnya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia Dumai dr Ferianto menyebut jumlah dokter spesialis dan umum di RSUD Dumai untuk pelayanan medis masyarakat terlengkap kedua setelah RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.

"IDI bertanggung jawab moril untuk kesehatan masyarakat, dan kita terus berupaya melengkapi kebutuhan dokter spesialis agar pelayanan makin optimal di rumah sakit umum dumai," kata dr Ferianto. ***4***