Sudah Kelebihan Kapasitas, Rutan Bagansiapiapi Bakal Naik Status jadi Lapas Kelas III

id sudah kelebihan, kapasitas rutan, bagansiapiapi bakal, naik status, jadi lapas, kelas iii

Sudah Kelebihan Kapasitas, Rutan Bagansiapiapi Bakal Naik Status jadi Lapas Kelas III

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Cabang Rumah Tahanan (Rutan) Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau bakal naik status menjadi Lembaga Permasyarakatan atau Lapas Kelas III.

"Rencananya bulan ini dan paling lama Mei sudah naik status menjadi Lapas Kelas III," kata Kepala Cabang Rutan Bagansiapiapi, Jupri Jabbar melalui Staf Humas Zuhdy Febriyanto di Bagansiapiapi, Selasa.

Zuhdy menuturkan bahwa pihaknya sudah mengajukan perubahan status nama tersebut dan sedang diproses pihak Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

"Perubahan status nama itu mengingat Rutan Bagansiapiapi sudah over kapasitas. Jadi, kemarin yang mengajukan itu ada sekitar 100 lebih Rutan atau Lapas yang naik kelas di Indonesia, salah satunya Rutan Bagansiapiapi," jelasnya.

Mengenai pembangunan Rutan baru yang lahannya sudah disiapkan pemerintah daerah setempat di lokasi TPA Jalan Kecamatan, Bagansiapiapi, Zuhdy mengatakan pihak kementerian terkait masih mempertimbangkan lokasi tersebut. Karena terangnya selain tanah rawa dan lokasinya juga kurang strategis.

"Kemarin yang kita ajukan rencana pemindahannya bukan di lokasi itu tapi di Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih berdekatan langsung dengan Polres dan Pengadilan Negeri Rokan Hilir. Nah, kalau nanti sudah menjadi Lapas Kelas III, maka proses pembangunan itu akan lebih mudah," katanya pula.

Pihaknya berharap dengan peningkatan status nama tersebut dapat menyelesaikan persoalan over kapasitas Rutan yang jumlah penghuninya melebihi 700 orang.

"Sekarang sudah berkurang, karena bagi yang sudah divonis kita distribusikan ke Lapas Pekanbaru dan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau. Dan itu dilakukan rutin setiap bulannya," ujarnya. **