Dinilai Banyak Tidak Sesuai Peruntukan, Pemprov Riau Diminta Ubah Konsep Penyaluran Beasiswa

id dinilai banyak, tidak sesuai, peruntukan pemprov, riau diminta, ubah konsep, penyaluran beasiswa

Dinilai Banyak Tidak Sesuai Peruntukan, Pemprov Riau Diminta Ubah Konsep Penyaluran Beasiswa

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ketua Komisi V DPRD Riau Aherson meminta Pemprov Riau untuk mengubah konsep beasiswa pendidikan yang menguntungkan bagi daerah, sebab selama ini dinilai penyaluran beasiswa tidak sesuai peruntukannya.

"Beasiswa pendidikan tentu sangat diperlukan. Namun, kita ingin yang menerima beasiswa tidak mahasiswa sembarangan harus diuji secara ilmiah dan akademis. Karena kita ingin putera-puteri yang didanai beasiswa dapat memberikan manfaat bagi daerah setelah mereka selesai studi," sebut Ketua Komisi V DPRD Riau Aherson di Pekanbaru, Selasa.

Konsep beasiswa pendidikan yang dimaksud Aherson, seperti yang telah berjalan di Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Rusia terkait pembangunan rel kereta api. Sehingga putera-puteri Kaltim berkesempatan menempuh pendidikan di Moskow State University of Railway Engineering.

"Kita ingin Pemprov Riau mencontoh konsep yang seperti itu. Fokus kita dimana, seperti Kaltim mereka berpikir untuk tiga, lima tahun kedepan mengembangkan alat transportasi kereta api dengan mengandalkan lagsung anak-anak daerahnya untuk membangun," sebut Aherson.

"Kalau di daerah kita ini tidak ada pemikiran pemerintah kearah sana. Kita gelontorkan anggaran besar untuk beasiswa namun para mahasiswa bingung setelah selesai studi kemana, ujung-ujungnya menganggur," sambung Politisi Demokrat Riau tersebut.

Pihaknya berharap kepada pemerintah Riau, untuk dapat mencontoh perkembangan daerah lain. Agar bibit-bibit unggul daerah dapat mengembangkan potensi yang ada di Bumi Lancang Kuning tersebut.

"Kalau fokus kita diperkebunan kita kembangkan kearah sana. Jadi tidak sia-sia lagi kita memberikan beasiswa, kalau semua sudah diatur dengan jelas," tuturnya.

Aherson mengatakan di APBD 2018 ini, Pemprov dan DPRD Riau tidak menggarkan beasiswa pendidikan. Namun begitu, jika konsep yang diusulkan Pemprov Riau jelas manfaat kedepannya. Maka Pihaknya akan mengalokasikan beasiswa pendidikan pada APBD Perubahan tahun ini.

"Kita akan kaji terkait konsep pemanfaatan beasiswa tersebut untuk kedepannya seperti apa. Maka akan dimasukan dalam APBD Perubahan," sebutnya pula. ***3***