Petani Inhu Panen Raya Cabai Perdana Kerjasama dengan Perusahaan ini

id petani inhu, panen raya, cabai perdana, kerjasama dengan, perusahaan ini

Petani Inhu Panen Raya Cabai Perdana Kerjasama dengan Perusahaan ini

Rengat, (Antarariau.com) - Petani Binaan UD Rahmad Tani Pematang Reba Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau panen raya cabai merah diatas lahan yang dikelola bersama antara pihak perusahaan yang peduli terhadap ekonomi masyarakat.

" Petani berhasil meningkatkan pendapatan keluarga, setelah mengikuti petunjuk teknis secara baik," kata Kepala Bidang (Kabid) Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Indragiri Hulu Yasma Indra di Rengat, Sabtu.

Ia mengatakan, panen raya di atas lahan produktif tersebut mendapat perhatian semua pihak karena hasilnya sangat memuaskan petani dan menjadi barometer pertanian cabai di Inhu, petani bekerja sama dengan PT Ewindo Cap Panah Merah Provinsi Riau dan PT Yara Indonesia melakukan panen perdana.

Petani beberpa bulan sebelumnya menanam cabai di areal potensial, cabai jenis Laba F1 dan tanaman tomat jenis Servo sangat cocok di Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, ini mendorong petani lan untuk memulai cinta jenis tanaman hortikultura tersebut.

Yasma Indra menyebutkan, dengan adanya kegiatan ini penghasilan petani semakin baik, bahkan panen ini bakal mendorong warga lain untuk beraktivitas yang sama dengan memanfaatkan potensi yang ada di arela yang dimiliki.

" Sukses panen raya akan mendorong tumbuhnya minat menanam cabai di Inhu," sebutnya.

Menurutnya, Pemerintah sangat mendukung aspirasi petani untuk bertani dengan sejumlah komoditi yang unggul, namun kepedulian terhadap masyarakat setiap tahun dilaksanakan secara optimal setiap kecamatan.

Marketing Representative Cap Panah Merah Provinsi Riau Beri Rahmat Catra juga menyebutkan, ada berkisar dua Hektar lahan yang ditanami petani dengan cabai dan tomat berhasil panen, masa panen Cabai jenis Laba F1 sama Lado sekitar 85 hari, sedangkan Kalau tomat servo dan Tantyna di umur 70 hari sudah bisa panen.

" Cabe Laba F1 sama Lado F1 dengan Tomat diatas lahan seluas satu hektar masa tanam November 2017- Februari 2018 di Desa Talang Jerinjing Pematang Reba ini memasuki masa panen untuk periode pertama," sebutnya.

Pihak perusahaan juga akan membantu proses pemasaran, teknis budidaya, PHT (pengendalian hama terpadu) dan metode pemupukan secara online dengan nama aplikasinya bernama Sipindo.

PT Yara Indonesia yang diwakili oleh Zettrisman menyampaikan, keunggulan pupuk Yara yang berdampak positip untuk tanaman cabai, walaupun pupuk tersebut brasal dari Norwegia, dan jenis Hortikultura sangat cocok menggunakannya.

" kami akin petani bisa memanfaatkannya," ujarnya.

Ditambahkan Zetrisman, keunggulan pupuk yara cepat terserap, tersedia pada setiap Fase tanaman, butiran berukuran seragam, nutrisi seragam dalam setiap butirnya dan warna tidak luntur. ***3***