Pemko Pekanbaru Targetkan 150 Kepesertaan Gelaran Triathlon 2017

id pemko pekanbaru, targetkan 150, kepesertaan gelaran, triathlon 2017

Pemko Pekanbaru Targetkan 150 Kepesertaan Gelaran Triathlon 2017

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau akan menggelar kejuaraan olahraga Triathlon 2017 pada Desember mendatang, yang ditargetkan bisa diikuti oleh 150 peserta.

"Kita terus matangkan rencana penyelenggaraan kegiatan tersebut dengan terus koordinasi dengan FTI (Federasi Triathlon Indonesia)," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahrga (Kadispora) Pekanbaru, Yusuf kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Triathlon merupakan lomba yang terdiri atas tiga cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda dan lari, yang dilaksanakan dalam satu kesatuan waktu.

Danau Khayangan di Kecamatan Rumbai Pesisir akan menjadi lokasi dimulainya pelaksanaan Pekanbaru Triathlon 2017. Sesuai rencana, peserta harus menyelesaikan lomba berenang dengan jarak sepanjang 750 meter di danau tersebut.

Selanjutnya, perlombaan akan dilanjutkan dengan lomba balap sepeda dengan trek sepanjang 20 kilometer, mengitari Kota Pekanbaru.

"Dan terakhir, lomba diselesaikan dengan marathon yang direncakan akan menempuh trek sepanjang 10 kilometer," ujarnya.

Meski begitu, dia mengatakan pihaknya masih harus tetap berkoordinasi dengan FTI, terutama mengenai panjang dan lokasi trek yang digunakan dalam Triathlon 2017.

Lebih jauh, dia mengatakan sesuai rencana pelaksanaan Triathlon yang merupakan even olahraga akbar pertama yang diselenggarakan di Kota Pekanbaru itu digelar pada 24 Desember mendatang.

Jadwal itu diperoleh dari penyesuaian gelaran Triathlon yang juga akan diselenggarakan di Kota Surabaya Desember mendatang.

Dirinya berharap, pelaksanaan Triathon yang seutuhnya tidak menggunakan dana APBD tersebut dapat berlangsung setiap tahun dan menjadi salah satu ikon Kota Pekanbaru.

"Pada akhirnya tentu kita berharap melalui Triathlon dapat meningkatkan geliat pariwisata di Kota Pekanbaru," tuturnya.