840 personel Lantas Polda Riau Laksanakan "Operasi Zebra Siak 2017"

id 840 personel lantas polda riau laksanakan operasi zebra siak 2017

840 personel Lantas Polda Riau Laksanakan "Operasi Zebra Siak 2017"

Pekanbaru (Antarariau.com) - Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Riau menggelar operasi dengan sandi "Operasi Zebra Siak 2017" hingga 14 hari ke depan dengan mengerahkan sebanyak 840 personel lalu lintas dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

"Personel yang dilibatkan Polda Riau sebanyak 840 personel yang tersebar di beberapa daerah," kata Direktur Ditlantas Polda Riau, Kombes Pol Tulus Ikhlas Pamoji di Pekanbaru, Rabu.

Tulus mengatakan bahwa pelanggaran yang menjadi prioritas penanganan petugas adalah pengendara yang melawan arus lalu lintas, kelengkapan administratif, melewati garis marka dan lainnya. Disamping itu juga pelanggaran lain yang berpotensi kesemrawutan seperti untuk angkutan kota yang sembarangan menaikkan penumpang, melewati batas kecepatan dan lainnya.

Kegiatan dilakukan dengan cara "mobile" dan "stasioner" yang nantinya akan menyasar di sejumlah lokasi. Hal tersebut seperti di lokasi yang rawan kecelakaan lalu lintas, kemacetan dan pelanggaran.

"Di Kota Pekanbaru, petugas akan disiagakan di seputaran Jalan Sudirman depan Mapolda Riau, depan Ramayana, Simpang empat Mall SKA dan Jalan Riau tepatnya di depan Polsek Payung Sekaki. Sementara untuk rawan pelanggaran di sepanjang Jalan Nangka, Jalan Sudirman, Jalan Diponegoro dan Jalan Riau," ujarnya.

Selain pihak kepolisian, kegiatan kali ini juga melibatkan sejumlah instansi lainnya seperti Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Jasa Raharja. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk siap fisik dan mental sebelum berkendara, siap kendaraannya dan siap administrasinya serta siap mematuhi peraturan lalu lintas.

Berdasarkan data, jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan operasi zebra tahun 2016 seluruh Indonesia sejumlah 2.623 kejadian atau mengalami penurunan 518 kejadian 16 persen dari periode sebelumnya tahun 2015 sejumlah 3.141 kejadian.

Jumlah korban meninggal dunia operasi zebra tahun 2016 sejumlah 649 orang dan mengalami penurunan sejumlah 129 orang atau persen dibandingkan periode yang sebelumnya di tahun 2015 sejumlah 778 orang.

Jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2016 sejumlah 356.101 pelanggaran dengan jumlah tilang sebanyak 228.989 lembar dan teguran sejumlah 127.112 lembar.