Pemko Dumai Lakukan Pendampingan Terhadap Balita Kekurangan Gizi

id pemko dumai lakukan pendampingan terhadap balita kekurangan gizi

Pemko Dumai Lakukan Pendampingan Terhadap Balita Kekurangan Gizi

Dumai (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Kota Dumai memberikan pendampingan dan akses pelayanan kesehatan seorang anak tiga tahun bernama Aidil Fitriansyah, penderita kekurangan gizi.

Kepala Dinas Kesehatan Dumai Paisal di Dumai, Selasa, mengatakan, penanganan medis balita gizi buruk ini selain dilakukan di Puskesmas Kelurahan Jaya Mukti, juga di rumah sakit umum daerah setempat.

"Balita tiga tahun dan ibunya sudah memperoleh penanganan medis dari dokter di rumah sakit daerah dan puskesmas memberi pendampingan," kata Paisal kepada wartawan.

Sementara, Kepala Puskemas Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur Aneliza mengaku Aidil dianalisa menderita Hipo Tiroid dan TB Anak, dan sudah mendapat penanganan medis oleh tim gizi.

"Aidil sesuai analisa kesehatan menderita hipo tiroid dan TB anak," katanya.

Diketahui, berat badan Aidil jauh dari ideal balita seumurnya, dan tim gizi Pemerintah Dumai memberikan vitamin dan makanan pendamping ASI, bahkan Puskesmas merekomendasi untuk kontrol dan penanganan medis di RSUD Dumai.

Saat tim Puskesmas Jaya Mukti mendatangi rumah balita malang ini di sebuah kontrakan Jalan Teladan Kota Dumai, Selasa (24/10) siang, setelah ditimbang berat badan Aidil 5 kilogram.

Ibu Aidil, Lena Marlina mengaku tim gizi Puskesmas Jaya Mukti sekitar tujuh bulan tidak melihat kondisi putranya, namun agar tetap mendapat penanganan medis, dia rutin kontrol ke rumah sakit atau posyandu.

"Kami rutin kontrol ke rumah sakit dan posyandu agar terus mendapat pelayanan kesehatan," ujar Lena kepada wartawan.