Pengusaha Bus AKAP Riau Diimbau Untuk Patuhi Faktor Keselamatan Pemudik

id pengusaha bus, akap riau, diimbau untuk, patuhi faktor, keselamatan pemudik

Pengusaha Bus AKAP Riau Diimbau Untuk Patuhi Faktor Keselamatan Pemudik

Pekanbaru (Antarariau.com) - Organisasi Angkutan Darat Provinsi Riau mengimbau bagi pengusaha bus terutama angkutan Antar Kota Antar Provinsi, agar mematuhi faktor keselamatan pemudik.

"Apa yang diminta dalam ramp check, kita imbau untuk diindahkan karena berguna bagi keselamatan penumpang," terang Ketua Organda Riau, Muhammad Nasir di Pekanbaru, Senin.

Ia berkata, hingga kini masih ditemukan belasan bus AKAP yang belum mengindahkan semua unsur standar keamanan dan kelayakan selama dalam perjalanan lintas Sumatera-Jawa.

Seperti unsur teknis meliputi sistem penerangan, sistem pengereman, dan kelaikan ban depan dan ban belakang kendaraan.

Lalu unsur penunjang mencakup spidometer atau alat pengukur kecepatan, kemudian sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan, kaca spion, dan klakson.

Seperti diketahui, ramp check dilakukan terhadap semua unsur dari moda transportasi, karena dinilai berpengaruh terhadap keselamatan perjalanan masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Ada tiga unsur penting dalam ramp check yakni administrasi, teknis, dan penunjang. Bila administrasi biasanya terpenuhi, tetapi kedua berikutnya pasti ada yang kurang," ucap dia.

Dia mengaku, kedua unsur itu telah disaksikannya sendiri ketika mengikuti aparat Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau dan kepolisian setempat, melakukan inspeksi mendadak ramp check kendaraan.

"Pekan lalu, kita ramp check dan kita temukan dengan menyaksikan sendiri. Jadi kalau teknis itu, sanksi berupa tilang dan dilarang beroperasi," tuturnya.

"Sedangkan pelanggaran unsur penunjang, diberikan catatan untuk segera melengkapi dan memenuhi persyaratan yang kurang. Setelah itu, baru boleh beroperasi," tegas Nasir.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menugasi kepada kementerian yang dipimpinannya untuk memfasilitasi kegiatan mudik Lebaran 2017 dengan baik.

"Presiden meminta kami melakukan dengan segala daya upaya, dan memberikan catatan agar jangan sampai kejadian tahun lalu terjadi lagi," ujarnya