Atas Keseriusannya Kembangakan Budaya Melayu, Gubri Resmi Menyandang Gelar Datuk

id atas keseriusannya kembangakan budaya melayu gubri resmi menyandang gelar datuk

Atas Keseriusannya Kembangakan Budaya Melayu, Gubri Resmi Menyandang Gelar Datuk

Pekanbaru (Antarariau.com) - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau menganugerahi Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman gelar Datuk Seri Setia Amanah karena dinilai memiliki perhatian besar terhadap pengembangan budaya melayu.

"Saya berterima kasih atas penghargaan ini, Inshaallah amanah ini saya akan laksanakan dengan baik," ujar Gubernur yang akrab disapa Andi, di Pekanbaru, Sabtu.

Senada dengan hal tersebut, Al Azhar Ketua Pimpinan LAM Riau menyebutkan bahwa pihaknya sudah melaksanakan pertemuan dengan Gubri, dan berdasarkan berbagai pertimbangan akhirnya LAM memutuskan memberikan gelar Datuk Sri Setia Amanah kepada Gubernur Riau.

"Sebenarnya sudah lama kita merencanakan untuk memberikan gelar Datuk Sri Setia Amanah kepada tua pemuncak negeri ini namun baru sekarang bisa terlaksana," ujar Al Azhar.

Sebelumnya rombongan Majelis Kerapatan adat Melayu Riau dan Dewan Pimpinan Harian Lembaga Adat Melayu Riau telah mendatangi kediaman Gubri untuk menanyakan kesediaan Gubri menerima gelar datuk setia amanah.

Menurut Al Azhar, beberapa kebijakan Gubernur Riau telah menunjuk kepada pengembangan budaya melayu di Riau, seperti mengeluarkan pergub tentang muatan lokal budaya melayu di sekolah. Serta pada tahun 2015 Gubri juga mencanangkan Riau sebagai The Home Land of Melayu dilanjutkan dengan Pengembangan Pariwisata Budaya.

"Dengan komitmen Gubri untuk mengembangan pariwisata berbasis budaya, hal ini jelas melegakan kami" ujarnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa Gubri bahkan telah mewujudkan dinas khusus untuk pengembangan budaya melayu.

"Alhamdulillah saat ini kita bahkan memiliki Dinas Kebudayaan, sebagai salah satu cara melestarikan budaya melayu," tutupnya.

Oleh: Gebby Fadhila Sari