578 Personel Polresta Pekanbaru Siap Amankan Debat Pilkada

id 578 personel, polresta pekanbaru, siap amankan, debat pilkada

578 Personel Polresta Pekanbaru Siap Amankan Debat Pilkada

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru menyiagakan 578 personil untuk mengamankan debat kandidat pemilihan kepala daerah kota setempat yang akan digelar pada Sabtu (4/2) besok di Hotel Pangeran Jalan Sudirman.

"Untuk pengamanan debat Pilkada Pekanbaru kita siapkan 578 personil dari semua satuan tugas. Besok Sabtu (4/1) pagi kita apel," kata Kepala Polresta Pekanbaru, Kombes Pol Susanto SIK di Pekanbaru, Jumat.

Dikatakannya bahwa 578 personil tersebut ditempatkan di satu lokasi saja yakni tempat acara debat pilkada. Diantaranya berasal dari satgas penindakan dan pengamanan serta lainnya.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Kota Pekanbaru menyampaikan bahwa lima pasangan calon walikota dan wakil walikota diwajibkan ikut debat publik tersebut. Pasalnya debat kandidat ini adalah ajang bagi masyarakat menentukan pilihan sekaligus menaikkan partisipasi pemilih, apalagi dijadwalkan akan berlangsung tiga jam sehingga visi dan misi pasangan calon bisa tergali.

"Pelaksanaan debat akan mempengaruhi suara atau pemilih, sebab untuk mengasah visi dan misi sebab selama ini dialog yang dilakukan dengan masyarakat masih minim," kata Komisioner KPU Pekanbaru, Abdul Razak.

Debat ini, kata dia, merupakan tahapan akhir dari sesi kampanye para calon menjelang Pilkada 15 Februari 2017. Ia juga mengatakan, debat para calon itu digelar hanya satu kali, meskipun begitu KPU menilai durasi yang diberikan cukup panjang waktunya.

Abdul Razak mengharapkan akan menjadikan debat ini sebagai salah satu cara untuk menarik suara pemilih dengan menghilangkan isu SARA serta tidak menjadinya sebagai ajang untuk saling serang dan kritik. "Kami mau agar debat ini berkualitas, karena debat hanya sekali dengan durasi 3 jam," sebutnya.

Untuk diketahui Pilkada Pekanbaru diikuti lima paslon yakni Syahril-Said Zohrin, Herman Nazar-Defi Warman, Firdaus-Ayat Cahyadi, Ramli Walid-Irvan Herman, dan Dastrayani Bibra-Said Usman Abdullah.