Terakreditasi B, UMRI Tekankan Prodi Sudah Sesuai Standarisasi Pemerintah

id terakreditasi b, umri tekankan, prodi sudah, sesuai standarisasi pemerintah

Terakreditasi B, UMRI Tekankan Prodi Sudah Sesuai Standarisasi Pemerintah

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sebanyak 13 program studi Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) sudah terakreditasi B, sehingga orang tua tidak perlu ragu memasukkan anak mereka kuliah karena standar mutu dan penilaian perguruan tinggi ini sudah memenuhi standarisasi ditetapkan pemerintah.

"Akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi," kata Rektor UMRI Dr. H. Mubarak, M.Si, di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, akreditasi selain menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan juga menjadi aset penting untuk menetapkan posisi sebuah lembaga institusi perguruan tinggi atau program studi dalam tataran kompetisi pengelolan dengan institusi perguruan tinggi dan program studi lain.

Akreditasi tersebut, katanya lagi, sekaligus menjadi tolok ukur bagi lembaga pengguna produk program perguruan tinggi untuk memastikan lulusan UMRI layak karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang terkawal dengan baik.

"Penghargaan ini diperoleh atas dukungan segenap civitas akademika dan stakeholder terkait yang bekerja sungguh-sungguh dan terimakasih kepada BPH yang telah melaksanakan pembinaan, sehingga seluruh prodi mendapatkan nilai akreditasi B," katanya.

Pada kesempatan itu Mubarak juga menyampaikan terimakasih pada Majelis Pendidikan Tinggi dan Litbang Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Riau atas dukungan yang telah diberikan.

Bantuan dan dukungan yang besar yang juga telah para mitra UMRI baik perusahaan swasta maupun pemerintah sehingga kualitas UMRI terus meningkat.

"Akan tetapi kerja keras masih dibutuhkan lagi, untuk meningkatkan perolehan akreditasi menuju nilai A," katanya dan menambahkan untuk dua prodi baru yang dibuka pada akhir tahun 2015 dan 2016, Bahasa Inggris dan prodi Manajemen akan dijukan akreditasinya pada tahun 2017.

Ia menjelaskan, kegiatan evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi dilakukan oleh team asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi.

Akreditasi katanya, penting karena merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen.

Sementara ke 13 prodi yang sudah terakreditasi B itu adalah, akuntansi, keuangan perbankan, ekonomi pembangunan, biologi, fisika, kimia, keperawatan, teknik mesin, tekhnik otomotif, dan tekhnik industri. Berikutnya prodi sistem informasi dan tekhnik informatika, serta prodi ilmu komunikasi.