Tiga rumah sakit di Riau terakreditasi paripurna, ini daftarnya

id Syamsuar ,April group,Rapp

Tiga rumah sakit di Riau terakreditasi paripurna, ini daftarnya

Gubernur Riau Syamsuar dalam kesempatannya saat penandatanganan nota kesepahaman antara APRIL group dengan Kementerian Kesehatan RI. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pelalawan (ANTARA) - Tiga rumah sakit milik pemerintah Riau kini telah terakreditasi dengan tingkat paripurna, yaitu RSUD Arifin Achmad, RSUD Petala Bumi dan RSJ Tampan.

Gubernur Riau Syamsuar di Pelalawan, Selasa, menilai hal ini membuktikan program kesehatan di Riau sudah semakin baik. Bahkan saat ini dikatakannya, RSUD telah dipercaya Menteri Kesehatan untuk melakukan operasi jantung.

"RSUD Arifin Ahmad kini memiliki layanan unggulan yaitu jantung dan paru. Perlu diketahui penyakit yang paling banyak di Riau saat ini ialah jantung dan kanker, termasuk paru," ungkap Syamsuar saat penandatanganan nota kesepahaman antara APRIL group dengan Kementerian Kesehatan di Pelalawan.

Saat ini pihaknya juga tengah menyiapkan pengembangan di RSUD Petala Bumi dengan unggulan penyakit stroke.

Sebab di Riau, belum ada Rumah Sakit khusus yang mampu berfokus menangani secara terpadu penyakit otak.

"Hal ini menyebabkan banyaknya masyarakat Riau yang harus berobat keluar provinsi bahkan luar negeri," sebutnya.

Selain itu diungkapkannya, berdasarkan hasil survei2022 Riau telah menurunkan prevalensi stunting menjadi 17 persen setelah sebelumnya berada di angka 22 persen.

Namun menurut Syamsuar, masih diperlukan upaya bersama agar penurunan stunting sesuai dengan target pemerintah yaitu 14 persen.

Oleh karena itu ia mengaku menyambut baik kolaborasi antara APRIL group dengan Kementerian Kesehatan RI. Sebab memang diperlukan dukungan berbagai pihak untuk menekan angka stunting.

"Kami tentu menyambut baik MoU ini, karena juga diperlukan dukungan perusahaan untuk pelayanan kesehatan sekaligus menekan angka stunting di Riau," lanjutnya.

TambahSyamsuar, Pemerintah Provinsi Riau berkomitmen untuk melaksanakan integrasi layanan primer sebagai upaya menyelesaikan berbagai masalah kesehatan masyarakat.