Prof. Jaswar Koto : Riau beruntung punya Gubernur Syamsuar

id jaswar koto,syamsuar,gubri

Prof. Jaswar Koto : Riau beruntung punya Gubernur Syamsuar

Prof. Dr. Eng Jaswar Koto. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Praktisi Artificial Intelligence (AI) sekaligus Vice Rector for Research & Development Digital Advancement Osaka Japan & UICI, Indonesia, Prof. Dr. Eng Jaswar Koto menyebutkan Provinsi Riau beruntung memiliki Gubernur Syamsuar karena memiliki perhatian besar terhadap pendidikan Riau.

"Kita patut bersyukur karena Gubernur Syamsuar memiliki kepedulian yang tinggi terhadap perkembangan pendidikan di Riau. Ini tentunya luar biasa, belum ada provinsi di Indonesia yang menerapkan pembelajaran berbasis AI, dan Riau adalah yang pertama," ucap Jaswar Koto saat sosialisasi pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) pada pembelajaran SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Senin.

Jaswar Koto meyakini, perkembangan Informasi Teknologi (IT) akan berkembang sangat cepat. Oleh karena itu, ia bersama Gubri Syamsuar memiliki visi yang sama untuk mengedukasi putra-putri Provinsi Riau mengenai AI.

"Perkembangan AI sudah memasuki sendi kehidupan kita, maka saya tidak ingin kita anak asli Riau ini nantinya hanya menjadi penonton, kita musti ikut berperan dalam perkembangan ini, sehingga nantinya dapat melanjutkan perkuliahan di luar negeri, dan mampu berkontribusi di perusahaan-perusahaan besar di luar negeri, juga menjadi petinggi di perusahaan yang ada di Riau ini, itu harapan kita," terangnya.

"Misalnya, ada putra daerah Pelalawan, lulusan terbaik di universitas luar negeri tidak ada alasan perusahaan untuk menolak, dari sekarang mesti kita siapkan," ujarnya.

Gubernur Syamsuar menyampaikan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan pada 2030 mendatang sekolah-sekolah harus memanfaatkan teknologi AI. Hal tersebut bertujuan untuk membantu proses pembelajaran. "Kita belum sampai di 2030 tapi kita sudah berjalan duluan mengambil langkah cepat" ujarnya.

Tampak hadir mendampingi Gubri Syamsuar, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol dan Kabid Informasi, Komunikasi, Publik, Diskominfotik Riau Fahmi Sei Gergaji.