Luas Tanaman Padi Di Kuansing capai 10.237 HA

id luas tanaman, padi di, kuansing capai, 10237 ha

Luas Tanaman Padi Di Kuansing capai 10.237 HA

Talukkuantan, (Antarariau.com) - Luas Panen tanaman padi di Kabupaten Kuantan Singingi mencapai 10.237 Ha dengan total produksi 41.312, 16 ton beras sehingga belum mampu memenuhi kebutuhan sendiri.

Wakil Bupati Kuansing, H Halim saat menghadiri olek Padang di Desa Pulau Ingu Simandolak, Kecamatan Benai, Selasa (12/11) berharap hasil panen masyarakat tahun ini dapat meningkat dari tahun sebelumnya dikarenakan penggunaan benih yang bagus, pemberian pupuk serta perawatan yang tanaman.

Kabupaten Kuantan Singingi mempunyai potensi pertanian yang sangat besar untuk dikembangkan. Daya dukung dan luas lahan yang besar, lebih dari setengah jumlah penduduk bekerja pada sektor pertanian dengan ketrampilan dasar yang dimiliki, pasar yang tersedia dengan infrastruktur yang sedang digalakkan, merupakan modal dasar untuk pengembangan agribisnis.

Menurut data tanaman pangan meliputi luas panen dan hasil produksi tanaman bahan makanan, sayuran, dan buah-buahan. Potensi pertanian di Kabupaten Kuantan Singingi meliputi tanaman hortikultura dan palawija, antara lain: Padi, Jagung, Kedelai, dan Umbi-umbian (ubi kayu, ubi jalar).

Untuk kacang-kacangan meliputi kacang tanah dan kacang hijau sedangkan sayuran berupa Kacang Panjang, Cabe, Tomat, Ketimun, Terung, Kangkung, Bayam dan lain-lain.

Didasarkan data Luas Lahan Pertanian Sawah (m2) per Kecamatan : Kuantan Mudik (3.141), Kuantan Tengah (2.849), Benai (2.980), Kuantan Hilir (5.242), Cerenti (2.329).

Luas Lahan Pertanian Ladang (m2) per Kecamatan : Kuantan Mudik (1.000), Singingi (850), Kuantan Tengah (148), Benai (1.860), Kuantan Hilir (369), Cerenti (437).

Menurut Halim, dengan potensi areal persawahan seharusnya Simandolak khususnya Pulau Ingu sudah bisa swasembada pangan. Karena itu, pemerintah akan terus mendukung melalui Dinas Tanaman Pangan dengan berbagai teknologi pertanian.

Selain itu, Halim juga berharap, petani dapat memanfaatkan keberadaan penyuluh pertanian dalam rangka peningkatan hasil panen.

Sementara, Kades Pulau Ingu, Ragamus, berharap, bantuan pemerintah baik bimbingan dari penyuluh, bantuan alat pertanian maupun hal lainnya agar swasembada yang diharapkan bisa terwujud. (ADV)