Sektor Pertanian Menjadi Andalan Dari Kuansing

id sektor pertanian menjadi andalan dari kuansing

Sektor Pertanian Menjadi Andalan Dari Kuansing

Taluk Kuantan (Antarariau.com) - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Mursini menyebutkan salah satu andalan dari daerah yang ia pimpin adalah dalam bidang pertanian.

"Sektor pertanian itu diantaranya ialah tanaman padi," kata Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs. H Mursini.

Selain itu, katanya, Kuansing juga kaya terhadap sektor perkebunan yang memproduksi berbagai komoditas.

"Beberapa komoditas yang ada dan dikembangkan di Kuansing ini diantaranya ialah jeruk, rambutan, mangga, duku, durian, nangka, papaya, pisang, cabai, terung, timun, kol dan tomat," paparnya.

Begitu juga komoditas lain seperti karet, kelapa, minyak sawit, coklat, dan berbagai tanaman lainnya.

"Tidak hanya itu, dalam sektor peternakan, beberapa hewan ternak yang dipelihara antara lain sapi 17.368 ekor, kerbau 17.132 ekor, ayam 200.061 ekor dan itik 27.442 ekor," terangnya.

Sedangkan sumber potensial di sektor kehutanan, antara lain produksi hutan terbatas 316.700 hektar, hutan konversi 450.00 hektar, hutan lindung 28.000 hektar dan hutan margasatwa seluas 136.000 hektar.

"Kabupaten Kuantan Singingi juga memiliki potensial yang besar di sektor pertambangan dan energi, yaitu emas, batu gamping, suntan, batu bara, gas alam, pasir sungai, sirtu, mangan dan kaolin," ujarnya.

Pada bidang industri yang memiliki potensi ekonomi yaitu industri minyak sawit, industri lempengan karet, industri perabotan, industri pengolahan makanan tradisional, dan industri rumah tangga.

"Dan beberapa bidang potensial untuk investasi di Kuansing di antaranya pembangkit listrik dengan kapasitas kecil, agrikultur, pengolahan air bersih, dan pengembangan transportasi darat dan sungai," paparnya. (ADV)