Kapolres Dumai Imbau Masyarakat Untuk Tidak Terpengaruh Isu Tak Jelas

id kapolres dumai, imbau masyarakat, untuk tidak, terpengaruh isu, tak jelas

Kapolres Dumai Imbau Masyarakat Untuk Tidak Terpengaruh Isu Tak Jelas

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Kapolres Dumai AKBP Donald H Ginting mengapresiasi peran ulama dan tokoh agama karena mempercayakan Polri dalam menjaga stabilitas keamanan selaku pengemban tugas pemeliharaan keamanan dan ketertiban.

"Kita berharap masyarakat dapat memberikan kepercayaan penuh kepada polri dalam proses penegakkan hukum, termasuk penanganan kasus penistaan agama yang masih berjalan," kata Kapolres saat memimpin upacara gelar pasukan dalam rangka stabilitas kamtibmas dan menjaga keutuhan NKRI, Kamis.

Donald mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban dengan tidak terpengaruh terhadap isu tidak bertanggungjawab yang dapat menganggu ketentraman dan berpotensi memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia guna kepentingan kelompok tertentu.

Dijelaskan, terkait proses hukum tersangka penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Polri telah melaksanakan secara transparan, profesional dan akuntabel tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

Setiap upaya gangguan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat, maka Polri bersama Tentara Nasional Indonesia dibantu seluruh potensi dimiliki akan menindak tegas berdasarkan perundangan berlaku.

"Polri komit menindak tegas pihak manapun yang akan menggangu keamanan dan ketertiban, karena itu kita imbau semua pihak untuk bersama menjaga situasi agar tetap nyaman dan kondusif," sebutnya.

Ditambahkan Donal, Kapolri juga telah mengeluarkan maklumat penyampaian pendapat di muka umum dijamin oleh undang undang berlaku, tapi harus dilaksanakan sesuai aturan, etika dan tanpa menimbulkan kerugian bagi orang lain serta tidak menganggu ketertiban umum.

Tujuan lain dari maklumat ini agar kegiatan penyampaian pendapat di muka umum dilaksanakan sesuai aturan supaya aktivitas masyarakat dapat berjalan lancar tanpa ada kendala.

Seluruh jajaran Polres, lanjut dia, agar dapat meningkatkan kebersamaan, solidaritas dan kedisiplinan dalam rangka menjaga keamanan ketertiban dan berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta hindari terjadi perbuatan menimbulkan pelanggaran hak azasi manusia.

Pelaksanaan upacara stabilitas kamtibmas dan menjaga keutuhan NKRI dilanjutkan dengan shalat Istisqa dan doa bersama di Masjid Taqwa Jalan Jenderal Sudirman dipimpin Ketua MUI Lukman Syarif dan yang beragama Nasrani bersama Pendeta Aldo Tumilaar.