Permudah Akses, Pemkab Rohil Akan Luncurkan Jalur Wisata Pulau Jemur

id permudah akses pemkab rohil akan luncurkan jalur wisata pulau jemur

Permudah Akses, Pemkab Rohil Akan Luncurkan Jalur Wisata Pulau Jemur

Rokan Hilir (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, segera meluncurkan jalur wisata Pulau Jemur guna mempermudah pengunjung menikmati objek wisata yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka dan Malaysia.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Rokan Hilir, Surya Arfan di Bagansiapiapi, Senin mengatakan, tujuan dibuatnya jalur wisata Pulau Jemur karena selama ini masyarakat sulit berkunjung ke pulau terluar tersebut.

"Dalam rapat yang digelar berkembang saran-saran, masukan dan usulan. Kesimpulan rapat disepakati rencana membuka jalur wisata Pulau Jemur hari Sabtu, 24 Desember 2016," kata Surya Arfan usai menggelar rapat persiapan peluncuran bersama pihak terkait.

Ia mengatakan, armada yang dipersiapkan nantinya sebanyak dua unit masing-masing berkapasitas 68 orang.

"Biaya penumpang perorangnya ditetapkan 350 ribu rupiah pulang pergi," katanya.

Tahap pertama, kata dia, nantinya kapal berangkat dua Minggu sekali setiap hari Sabtu pagi dan pulang sore.

"Kita lihat perkembangannya nanti, kalau ramai peminat akan ditambah frekuensi jadwalnya. Apabila sudah tersedia tempat menginap akan ditambah harinya menginap selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu," kata sekda.

Hasil pertemuan ini, kata dia, segera dilaporkan kepada Bupati Rokan Hilir untuk arahan serta petunjuk lebih lanjut.

Diakuinya sangat banyak peminat baik orang Rohil maupun luar daerah yang ingin datang ke Pulau Jemur. Hanya saja belum ada armada khusus penumpang yang memberangkatkan ke pulau terdepan Republik Indonesia yang berbatasan dengan Selat Malaka dan Malaysia.

"Pesona yang ada di Pulau Jemur sangat banyak, bisa jadi wahana berenang, menyaksikan penyu bertelur, melepas tukik dan lain sebagainya. Untuk sarana lainnya sedang kami persiapkan dengan menggandeng investor," katanya. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi