Wabup Siak: Pentingnya Pemahaman Terhadap Pancasila Bagi Generasi Muda

id wabup siak pentingnya pemahaman terhadap pancasila bagi generasi muda

Wabup Siak: Pentingnya Pemahaman Terhadap Pancasila Bagi Generasi Muda

Siak (Antarariau.com) - Wakil Bupati Siak Alfedri menyebut peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksi tentang pemaknaan nilai-nilai nasionalisme dan kesaktian dari Pancasila itu sendiri.

"Hal ini penting khususnya bagi generasi muda bangsa ini. Generasi baru tidak akan memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan atas bangsa ini tanpa mengenali sesungguhnya sejarah kehidupannya," ungkapnya pada sambutan menjadi pemimpin upacara, Senin.

Dia saat memimpin upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor bupati setempat juga menyampaikan bahwa Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang mengatur seluruh tatanan kehidupan bangsa.

"Segala sesuatu yang hubungannya dengan pelaksanaan sistem ketatanegaraan Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI), wajib atau harus berdasarkan Pancasila. Artinya semua peraturan yang berlaku harus bersumberkan kepada Pancasila," sebut Wabup.

Peringatan upacara hari kesaktian Pancasila hari ini melibatkan PNS, Polri, TNI dan honorer pemerintahan kabupaten Siak dengan cuaca gerimis dan mendung.

Menurut dia, ditengah terpaan pengaruh kekuatan global, seluruh elemen bangsa seharusnya menguatkan dan memperlengkapi diri, salah satunya dengan menggali nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri.

"Nilai-nilai itulah yang kemudian kita maknai sebagai energi untuk membangun kembali jati diri bangsa ini. Bangsa ini bisa berdiri tegak, hanya jika mau kembali menghidupkan dan sekaligus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila itu sendiri" pungkasnya.

Bertindak selaku komandan upacara Komandan Koramil 06 Sungai Apit Kapten Inf Sahman Sinaga. Serta turut hadir bupati Siak Syamsuar, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Kepala Kejaksaan Negeri Siak Jondri, Dandim 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Rizal Faisal Helmi, dan Kapolres Siak diwakilkan oleh Kapolsek Kompol Rozali.

Pelaksanaan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lingkungan pemerintah kabupaten Siak mengacu surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia nomor B-822/M.Sesneg/Sesmen/TU.00.04/09/2016.

Tahun ini upacara yang melibatkan unsur TNI, Polri, PNS, staf honorer dan pelajar itu, mengangkat tema "Kerja Nyata Untuk Kemajuan Bangsa Sebagai Wujud Pengamalan Pancasila".

Oleh: Nella Marni